Hibah Pendidikan Vokasi Undip untuk TPK SMKN 10 Semarang

Sekolah Vokasi UNDIP, memiliki VISI: Menjadi pusat pendidikan vokasi yang unggul dan bertaraf Internasional. MISI: Menyelenggarakan pendidikan terapan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan professional sesuai tuntutan dunia global, melaksanakan penelitian terapan, dan pengabdian kepada masyarakat serta menjalin kerja sama dengan pemangku kepentingan dan menjadikan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk membentuk kepribadian professional yang memeliki komitmen pengembangan dan penerapan pengetahuan serta pengembangan ketrampilan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan vokasi pendidikan UNDIP dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat salah satunya adalah memberikan hibah media pembelajaran untuk pendidikan pada Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Kapal SMK Negeri 10 Semarang. Pemberian hibah oleh pihak Sekolah Vokasi UNDIP jurusan Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan diserahkan secara langsung oleh bapak. Muhammad Sawal Baital, S.T., M.T  selaku penanggung jawab kegiatan pengabdian masyarakat yang didampingi oleh Bapak Dr. Ir. Bambang Sri Waluyo, M.Si, Bapak. Sarwoko, A.T., M.T selaku dosen sekolah vokasi UNDIP serta perwakilan dari beberapa mahasiswa yang ikut didalam  penyerahan hibah media pembelajaran dalam bentuk Maket Potongan Melintang pada Kapal Tanker yang dilengkapi dengan Sistem Ballast.

Kegiatan tersebut disambut secara langsung oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 10 Semarang Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd yang didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarpras Bapak M Yunan Setiawan, S.Pd., M.Si beserta guru produktif Teknik Pemesinan Kapal SMK Negeri 10 Semarang.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Sawal mengatakan “Ini merupakan kegiatan awal sebagai Dharma Perguruan Tinggi dalam kegiatan pengabdian masyarakat untuk kemajuan pendidikan khususnya di SMK, harapannya kegiatan ini tidak hanya sampai disini tetapi akan berlanjut secara continue untuk pendidikan siswa khususnya untuk Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Kapal dan Konstruksi Kapal

Bapak Ardan Sirodjuddin selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 10 Semarang juga menyampaikan rasa terimakasihnya atasbantuan hibah media pembelajaran yang dilakukan oleh pendidikan vokasi UNDIP. Ini sangat penting dan bermanfaat sekali untuk memudahkan siswa dalam pemahaman pada materi tersebut.

Kegiatan berakhir dengan penjelasan materi yang disampaikan oleh bapak Dr. Ir. Bambang Sri Waluyo, M.Si  dan demonstrasi praktek sistem Ballast  yang dilakukan oleh mahasiswa UNDIP. Dalam kegiatan tersebut siswa-siswi Teknik Pemesinan Kapal ikut bergabung untuk menerima penjelasan materi dan praktek.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Hesti Sulistiyowati, S.Pd, M.Si., Ketua Kompetensi Keahlian TPK

Editor: Tim Humas