SMAN 2 Semarang Berani Ajak Siswa Berwirausaha

SMA Negeri 2 Semarang mengajak siswa berani menjalankan prinsip kewirausahaan semenjak dini. Hal ini juga yang harus didorong semua pihak agar lahir banyak wirausahawan muda berbakat dari Tanah Air. “Sebagai langkah menumbuhkan semangat wirausaha, peserta didik didorong membuat berbagai produk kreasi olahan makanan, minuman dan sebagainya,” tutur Kepala SMAN 2 Semarang, Wiharto. Beliau yang didampingi Wakasek Kehumasan, Tri Handayani, ditemui di sela-sela Bazar Kewirausahaan 2022. Forum akademi ini berlangsung meriah diikuti ratusan siswa.

Para peserta didik menyajikan karya untuk dipamerkan di puluhan stand di halaman dan aula sekolah. Menurut Wiharto produk olahan peserta didik diperbolehkan untuk dibeli baik orang tua, wali murid, bahkan tamu undangan. Tujuannya adalah untuk menyemangati kaum milenial semakin menekuni bisnis. Mereka turut merasakan keuntungan dari hasil perniagaan. Wakasek Kehumasan, Tri Handayani, menyatakan kegiatan bazar kewirausahaan ini bagian dari agenda sekolah menjalankan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Selain menanamkan semangat wirausaha, program ini turut menumbuhkan karakter siswa cinta lingkungan dan alam. Kegiatan bazar dimeriahkan dengan pemutaran film pelajar hingga pagelaran tari tradisional dengan iringan gamelan Jawa dan gending karawitan. Salah seorang siswa, Esti, mengaku senang dengan kegiatan semacam ini. Kebetulan juga dirinya hobi memasak dan banyak membaca resep yang didapat di internet maupun media sosial. Dia pun berkeinginan ke depan nanti bisa membuka usaha di sela-sela menempuh perkuliahan di universitas idaman.

 

Penulis          : Humas SMAN 2 Semarang

Editor           : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang