SMKN 1 PABELAN JUARAI LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT  SE-JAWA DAN BALI

Lagi dan lagi, SMK Negeri 1 Pabelan menyabet prestasi membanggakan. Prestasi kali ini diraih salah satu siswa terbaik SMKN 1 Pabelan yakni Rifky Adhy Pratama, dari bidang kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Rifky Adhy Pratama telah memenangkan ajang lomba Al-Irsyad Games, ia meraih juara 2 dalam cabang lomba desain poster dengan tema “Keberagaman Indonesiaku.” Lomba yang diadakan salah satu ponpes modern di Kabupaten Semarang tersebut, diikuti oleh beberapa siswa dari jenjang SMA/SMK/MA sederajat se-Jawa dan Bali. Event tersebut diikuti lebih dari 70 (tujuh puluh) peserta dengan mengusung tema “Unity in Diversity.” Diadakannya kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk memfasilitasi generasi muda beraktualisasi dan berkarya dalam ajang kompetisi dalam nuansa kebhinekaan NKRI yang utuh. Rekan-rekan SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta se-Jawa dan Bali juga diudang dalam lomba Al-Irsyad Games.

Dalam Al-Irsyad Games terdapat beberapa cabang lomba di antaranya pada cabang olahraga, ada lomba futsal, voli dan basket. Kemudian dari cabang lomba akademik, di antaranya story telling, pidato tiga bahasa (Indonesia, Arab, Inggris), karya desain poster dan karya kaligrafi. Khusus bidang lomba akademik, diselenggarakan secara online dimulai sejak tanggal 5 sampai 11 Desember 2022. Peserta diminta untuk mensumbit karyanya pada laman yang disediakan oleh panitia. SMKN 1 Pabelan mendelegasikan dua siswa terbaiknya untuk ikut serta dalam lomba. SMKN 1 Pabelan mengikuti cabang lomba desain poster, karena sesuai dengan linearitas bidang kompetensi yang ada di SMKN 1 Pabelan. Seleksi dan penilain karya yang dilakukan oleh panitia sangat ketat dan selektif. Tampak banyak sekali karya-karya yang masuk dan sangat bagus, ujar salah satu peserta lomba karya poster. Juara lomba diambil dari juara 1, 2, dan 3. Alhamdulillah SMKN 1 Pabelan dapat menyabet gelar 2 dalam cabang lomba akademik karya desain poster.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kerja keras dari latihan-latihan dan kompetensi siswa yang mumpuni. Selain itu juga tidak terlepas dari tangan dingin pembimbing yakni Bapak Gilang Hafidz, S.Pd.Kom., yang  telah membimbing sejak awal sampai akhir, jelas sang juara Rifky Adhy Pratama saat ditemui di sela-sela kegiatan sekolah. Semoga dengan bertambahnya prestasi yang didapatkan oleh SMKN 1 Pabelan, menjadi motivasi dalam mengembangkan mutu dan kualitas akademik maupun non-akademik. Selain itu juga dapat meningkatkan bidang kompetensi yang ada di sekolah khususnya jurusan RPL. Akhirnya lahir Rifky Rifky lainnya yang dapat mengharumkan SMKN 1 Pabelan. Semoga ke depannya tidak hanya berkompetisi di kancang daerah saja, namun juga melejit pada tingkat nasional maupun internasional. Walaupun SMKN 1 Pabelan berada di ujung desa, akan tetapi cita-citanya untuk selalu membangun bangsa. Jaya negeriku, maju terus SMKN 1 Pabelanku!

 

Penulis : Humas SMKN 1 Pabelan

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang