WORKSHOP PENINGKATAN MUTU DAN KINERJA SMAN 1 TUNTANG

Pendidikan adalah salah satu langkah untuk mempersiapkan putra-putri bangsa agar dapat bersaing di era globalisasi dan digital pada masa mendatang.  Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan haruslah dimulai dari tingkat satuan pendidikan, dengan tujuan dapat memperbaiki hasil penyelenggaraan pendidikan, sesuai dengan arah kebijakan pendidikan yang telah  ditetapkan dengan melalui peningkatan efektivitas, efisiensi dari proses dan aktivitas pendidikan yang dilakukan. Dalam rangka peningkatan mutu dan kinerja sekolah, SMA Negeri 1 Tuntang, Kabupaten Semarang, menyelenggarakan workshop dengan tema “Peningkatan Mutu dan Kinerja Sekolah SMAN 1 Tuntang.”

Workshop yang dilaksanakan pada tanggal 19 sampai dengan 21 Desember 2022, diikuti semua guru dan tenaga kependidikan ini, mendatangkan narasumber yakni Imron Rosyadi, S.Pd., M.Pd. yang sekaligus sebagai pengawas SMA pada Cabang Dinas 1 Jawa Tengah, serta Muhammad Karyadi dari SMA Negeri 1 Susukan Kabupaten Semarang. Materi pertama disampaikan Imron Rosyadi, S.Pd., M.Pd., tentang pembelajaran berdiferensiasi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran berdeferensiasi, antara lain memiliki tujuan pembelajaran yang jelas, merespon kebutuhan belajar siswa, menciptakan lingkungan belajar siswa untuk belajar, memanagemen kelas yang efektif, dan penilaian yang berkelanjutan. Sedangkan materi kedua disampaikan oleh Muhammad Karyadi, S.Pd. tentang E-Kinerja guru dan tenaga kependidikan. Nampak semua peserta sangat antusias dalam mengikuti materi. Terutama materi tentang  penyusunan E-kinerja.

Di akhir sesi, para peserta berhasil mengajukan E-kinerja 2022 yang mendapat persetujuan dari kepala sekolah. Sedangkan narasumber dari dalam sekolah adalah guru senior ahli dan guru yang telah atau sedang mengikuti pendidikan guru penggerak baik sebagai CGP maupun PP. Materi yang disampaikan adalah penyusunan modul ajar, platform merdeka mengajar, pembelajaran sosial emosional, refleksi pembelajaran, pembuatan media pembelajaran dan di hari terakhir ditutup dengan perencanaan berbasis data, yakni penyusunan RKT, RKJM dan RKAS 2023. Kepala sekolah, Agus Setiyono, S.Pd., MPd., B.I. mengharapkan workshop ini dapat berjalan lancar dan memberikan banyak manfaat untuk meningkatkan mutu sekolah dan mendukung implentasi Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Tuntang.

 

Penulis             : Sugiyani, S.Pd., M.Pd., Guru SMAN 1 Tuntang

Editor              : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang