Integrasi FKN dan Gelar Karya P5 SMA Nasima Sukses Hadirkan Suasana Khas Semarangan

Baru-baru ini SMA Nasima menyelenggarakan Festival Kompetensi Nasima (FKN) terintegrasi dengan Gelar Karya Projek Profil Penguatan Pelajar Pancasila (P5), diikuti seluruh peserta didik dan dipandu arahan Bapak Ibu Guru SMA Nasima. Acara ini sudah dirancang dengan baik sejak bulan Oktober lalu. Ragam kompetensi dikemas dengan baik berbalut projek P5 yang mengangkat tema kearifan lokal dan kewirausahaan. Peserta didik dipersiapkan untuk menampilkan hasil karya mereka dengan menghidupkan suasana khas Semarangan, mulai dari mengenal budaya Semarang di Gedung Kesenian Sobokartti, jelajah Kampung Semawis, Pecinan dan Manten Semarangan.

FKN berlangsung selama sepekan dengan menyajikan rangkaian kompetisi dan karya peserta didik mengedepankan kompetensi kenasimaan, seperti lomba adzan, melukis, olahraga, rocket air, dan fotografi. Semangat berkompetisi olahraga tersalur dalam lomba basket dan futsal yang berlangsung di lapangan SMA Nasima. Suporter lomba dapat mendukung teman-temannya dengan meriah dan sportif. Peserta didik juga mengasah kemampuan berwirausahanya yang dikemas dalam Market Day. Aneka makanan dan minuman dijual dengan harga terjangkau.

Puncak acara FKN dan Gelar Karya P5 yang dilaksanakan pada Kamis, 15 Desember 2022, di Hall Kaimana berlangsung meriah dan disambut baik oleh Pengawas SMA Kota Semarang, Slamet Panca Mulyadi, S.Pd., M.Pd. Beliau sangat mengapresiasi gelar karya P5 SMA Nasima yang mengangkat budaya lokal daerah, khususnya Semarang. Seluruh hadirin tidak hanya mengenal tapi juga bisa merasakan hangatnya suasana yang dihadirkan dan tentunya juga menambah nilai plus peserta didik dalam mengekpsresikan potensi seni dalam diri mereka sesuai dengan ciri khas stand yang ditampilkan pada momen tersebut. Komunitas budayawan Sobokartti ikut ambil peran dalam meramaikan acara dengan pertunjukkan wayang kulitnya.

 

Penulis : Rizky Meutia Ramadita, S.Psi., Guru SMA Nasima

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang