Seminar Teknologi Dalam Demokrasi Bersama KOMINFO Provinsi Jawa Tengah

Kamis, 12 Januari 2022, tim Projek P5 Suara Demokrasi SMA Negeri 1 Tuntang melaksanakan Seminar Teknologi Dalam Demokrasi. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan projek profil pelajar Pancasila di SMAN 1 Tuntang. Acara yang diselenggarakan di ruang Folding SMAN 1 Tuntang dihadiri tim Diskominfo Provinsi Jawa Tengah. Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah memberikan edukasi dan gambaran mengenai dunia digital yang kini semakin maju serta keterkaitannya dengan budaya demokrasi anak muda.

Kepala SMAN 1 Tuntang, Agus Setiyono, S.PD., M.PD.B.I. mengapresiasi kegiatan tersebut. “Kegiatan ini menjadi penting serta istimewa karena dihadiri secara langsung oleh tim Diskominfo yang memang memahami bidang digital. Semoga peserta didik mampu menyerap semua informasi dan materi yang diberikan.” Kegiatan dibuka dengan pemaparan oleh Rieka Hapsari Koesmastuti, S.I.Kom., M.I.Kom. Beliau mencoba memberikan ruang diskusi yang lebih dengan para audiens yakni siswa SMAN 1 Tuntang. Diskusi mengarah pada aktivitas dunia maya siswa serta kebiasaan-kebiasaan mereka dalam menggunakan sosial media. Selain itu Rieka meyoroti mengenai seringnya dunia digital digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dalam menyebarkan berita bohong atau hoax. “Janganlah kalian mengikuti membuat berita yang tidak benar. Kalian harus menjadi pioneer berita-berita baik,” kata Rieka.

Seminar semakin seru ketika pembicara kedua Handri Prasodjo, S.Kom., yang merupakan Tenaga Ahli Media Sosial Kominfo Provinsi Jawa Tengah memberikan tantangan kepada siswa. Tantangan tersebut adalah membuat konten positif dengan mengunggah gambar idola para siswa di Instagram serta menceritakan alasan siswa mengidolakannya. Seminar ditutup dengan pembagian door prize oleh Kominfo dan berfoto Bersama.

 

Penulis : Taufiq Harpan Aldila, Guru SMAN 1 Tuntang

Editor   : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang