Projek P5 Nguri-uri Budaya ke TBRS

Selasa, 24 Januari 2023, SMA Negeri 4 Semarang melakukan kunjungan ke Taman Budaya Raden Saleh atau TBRS menyaksikan pertunjukan wayang. Seniman TBRS menyajikan pertunjukan wayang dengan judul Gatotkaca Winisuda. Kunjungan tersebut merupakan program observasi pada projek P5 dengan tema kearifan lokal. Topik yang dipilih dari projek ketiga ini adalah pertunjukan atau pagelaran wayang yang diperankan oleh peserta didik kelas X (sepuluh). Rencananya, SMAN 4 Semarang akan mementaskan pertunjukan wayang sebagai bagian projek P5 pada 28 Februari dan 1 Maret 2023 mendatang.

TBRS dijadikan tempat untuk observasi para peserta didik SMAN 4 Semarang karena letaknya strategis. TBRS yang terletak di Jalan Sriwijaya Semarang menjadikannya mudah diakses karena peserta didik SMAN 4 Semarang tidak perlu keluar Semarang. TBRS merupakan bangunan dan lingkungan untuk mengolah, melestarikan dan menyajikan seni budaya, khususnya budaya Semarang. Bagi generasi muda kebudayaan seperti pertunjukan wayang mulai dianggap bukanlah tontonan yang seru, namun cenderung membosankan. “Pagelaran wayang sudah mulai ditinggalkan, namun jika peserta didik SMAN 4 Semarang ingin melakukan pertunjukan wayang, maka kalian menjadi yang pertama di Semarang melakukan pagelaran wayang di sekolah,” tutur salah satu seniman TBRS.

Peserta didik SMAN 4 Semarang nantinya akan melaksanakan atau membuat acara pagelaran wayang. Pagelaran wayang tersebut akan mengangkat beberapa judul dan akan dimainkan oleh setiap kelas. Paguyuban orang tua juga ikut andil dalam projek kali ini dengan segala dukungan dan semangat. Pagelaran wayang merupakan hasil atau produk dari projek ketiga dengan tema kearifan lokal. Seniman TBRS juga siap untuk membantu serta membimbing untuk terlaksananya pagelaran wayang di SMAN 4 Semarang.

 

Penulis : Humas SMAN 4 Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang