Berbasis Pemilihan Umum SMK Setiabudhi Semarang Sukses Gelar Pemilos 2023

Semarang, Sabtu, 28 Januari 2023 – Memasuki awal semester genap, SMK Setiabudhi Semarang melaksanakan Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) pada hari Sabtu (28/1/2023). Pemilos ini dilaksanakan tepat di lapangan SMK Setiabudhi Semarang, dengan OSIS sebagai panitia penyelenggara. Pemilihan ini diikuti oleh para guru dan seluruh siswa-siswi SMK Setiabudhi.
Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMK Setiabudhi Semarang, dilakukan dengan sistem pemungutan suara. Tahapan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS secara langsung dimulai dari penyampaian visi dan misi kandidat OSIS, debat kandidat yang dilaksanakan di lapangan SMK Setiabudhi dan pencoblosan yang dilakukan di ruang kelas sebagai TPS (Tempat Pemungutan Suara).

“Persiapan acara ini dilakukan satu minggu sebelum pemilihan ketua dan wakil OSIS dilaksanakan. Kegiatan dipersiapkan semirip mungkin dengan pemilu yang dilakukan di negara ini” ucap Hamidul Latif,S.Pd.I selaku pembina OSIS SMK Setiabudhi.
Kertas suara yang sudah dicoblos dimasukkan ke kotak suara. Setelah mencoblos, siswa-siswi akan diarahkan untuk mencelupkan jari kelingking di dalam tinta ungu lalu dicapkan ke selendang demokrasi sebagai bukti telah melakukan pemilos.
“Kegiatan pemilos hari ini berlangsung dengan baik dan juga banyak pengalaman yang saya dapat dari pemilos kali ini” ucap Farhan siswa kelas XI TKJ.
Setelah acara pemungutan suara sudah selesai, diberi jeda 10 menit untuk breafing OSIS sebelum berlanjutnya penghitungan suara atas pemilihan secara langsung. Penghitungan ini ditulis di komputer yang ditampilkan melalui layar proyektor agar seluruh guru dan siswa dapat menyaksikannya dan akhirnya ditemukan hasilnya nomor urut satu sebagai pemenang.
“Untuk Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang baru, semoga dapat menjalankan jabatan dengan amanah dan tidak melupakan tanggung jawabnya kepada pihak sekolah, siswa SMK Setiabudhi, dan Forum Komunikasi OSIS Semarang. Dengan fakta bahwa ketua dan wakil ketua OSIS yang baru merupakan anggota FKO Gen 12 yang telah dilantik secara resmi melalui acara Semarang Leadership Project, maka saya percaya OSIS SMK Setiabudhi dapat menjadi lebih baik dari periode saya” ujar Rizky Fauziah selaku ketua OSIS Periode 2022/2023.
“Semoga bisa terpilih ketua dan wakil ketua OSIS yang berkomitmen tinggi, kreatif, inovatif dan kolaboratif.” Demikian harapan dari Wakasis SMK Seiabudhi Semarang, Bapak Mukhlis Tri Kusdono, S.E., M.M.
SMK Bisa! SMK Hebat! SMK SETIABUDHI SEMARANG

Penulis: Dini Riyani, S.Pd. – SMK Setiabudhi Semarang