SMK Setiabudhi Semarang Tingkatkan Belajar Berbasis Project Based Learning (PJBL)

SEMARANG, Guru SMK Setiabudhi Semarang hari ini, Kamis (2/2/2023) mengikuti pelatihan pembelajaran dengan Project Based Learning (PJBL) di SMK Setiabudhi. Pelatihan ini dilakukan karena model belajar zaman sekarang, sudah banyak mengalami perubahan.

“Kami sengaja mengadakan pelatihan ini, karena konsep belajar saat ini sudah banyak berubah. Guru bukan untuk ditakuti, justru guru harus menjadi teman yang kompak bagi para siswa, dan guru harus mampu mengikuti dan menyesuaikan perkembangan zaman di era milenial saat ini,” kata Kepala Sekolah SMK Setiabudhi Semarang, Drs. H. Komaroni.

Menurut Nur Sholikin,S.Pd, selaku Waka Kurikulum SMK Setiabudhi di kelas X saat ini para peserta didik sudah diterapkan model pembelajaran PJBL ini, dan melalui kegiatan pelatihan ini akan semakin memantapkan peningkatan kualitas guru dalam mengajar, dan ke depan untuk diberlakukan di kelas IX nantinya.

Project Based Learning adalah pola belajar yang menekankan kepada siswa untuk membuat sebuah projek atau karya, dengan mengikuti semua prosesnya secara gembira. Siswa akan belajar cara untuk berkolaborasi, banyak membaca, dan cara memecahkan sebuah masalah dari proses membuat sebuah karya, tutur Dr. Ahlis Qoidah Noor, S.Pd.M.Pd selaku Pemateri pada acara tersebut sekaligus pengawas SMK Kota Semarang.

Sumber : website sekolah