BPTIK DIKBUD JATENG AJAK SMAN 11 SEMARANG UNTUK BERTRANSFORMASI DIGITAL

Suasana serius tapi santai sangat terasa saat Bapak Dr. H. Siswanto, M.Pd (Kepala BPTIK Dikbud Provinsi Jawa Tengah) memberikan sosialisasi terkait “Transformasi Digital Dukung Inovasi Sekolah Wujudkan Merdeka Belajar” di ruang Meeting Room SMA Negeri 11 Semarang pada Rabu, 8 Februari 2023. Kegiatan sosialisasi diikuti sekitar 40 bapak ibu guru perwakilan setiap MGMP di SMAN 11 Semarang dan dihadiri langsung oleh Kepala SMAN 11 Semarang, Ibu Rr. Tri Widiyastuti, S.Pd. didampingi Bapak Ahmad Rifai, S.Pd., M.Si. selaku Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum. Transformasi digital dalam konteks pemanfaatan teknologi tentu menjadi hal yang penting di setiap aspek sekolah. Di era revolusi 4.0 ini dan kurang lebih sekitar 2 tahun efek dari pandemi Covid-19, tentu telah memaksa dan mengharuskan bapak ibu guru serta para siswa untuk melek IT dan segera beradaptasi termasuk penggunaan secara maksimal device maupun platform penunjang dalam pembelajaran. Learning Management System (LMS) serta School Management System (SMS) yang baik tentunya perlu diterapkan guna memaksimalkan Transformasi Digital dalam Mendukung Inovasi Sekolah Wujudkan Merdeka Belajar.

Siswanto dalam paparannya mengemukakan bahwa banyak sekali tantangan di era digital di antaranya, pesatnya jumlah pengguna media sosial dan kemudahan memperoleh akses konten digital, namun tidak diimbangi dengan kompetensi generasi muda menggunakan media digital untuk pengembangan diri. Kehadiran berbagai smartphone berdampak pada minat baca dan perilaku berinternet yang tidak sehat. Oleh karena itu, sekolah diharapkan mampu melakukan inovasi digital dengan salah satu poin pentingnya yaitu guru dan siswa harus mampu mengembangkan dan memanfaatkan teknologi digital dalam menciptakan iklim atau suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Inovasi teknologi digital di sekolah diharapkan bisa menjawab tantangan revolusi industri 4.0.

BPTIK Dikbud Provinsi Jawa Tengah hadir dan siap bersinergi dengan sekolah-sekolah khususnya di wilayah Jawa Tengah melalui berbagai program dan kegiatan di antaranya Jateng Pintar yang dapat diakses oleh bapak ibu guru maupun siswa, pengembangan konten digital pembelajaran, vodcast berbagi, pelatihan/bimtek kreator konten (Digital School Bootcamp), bimtek online dan pendampingan (BOLPEN) akun belajar id dan PMM, pendampingan transformasi digital di satuan pendidikan dan Eduwisata digital. “Empat pilar penting pendukung transformasi digital adalah infrastruktur yang kuat, peningkatan literasi digital dan sumber daya manusia, adopsi pendukung teknologi dan regulasi di sektor TIK. Mari maju bersama, hebat semua,” ungkap Siswanto.

 

Penulis            : Johan Tri Bayuntoro, M.Pd., Guru SMAN 11 Semarang

Editor               : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang