LSP P1 SMK Negeri 10 Semarang Kembali Aktif

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga pelaksana kegiatan Kompetensi Kerja yang mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Pada tahun ini SMK Negeri 10 Semarang siap melaksanakan Uji Kompetensi siswa kelas XII menggunakan LSP P1 yang telah beberapa tahun tidak aktif. Dari tujuh kompetensi keahlian, dua di antaranya akan melaksanakan pengujian melalui LSP P1 yaitu kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). LSP P1 tersebut berfungsi sebagai lembaga yang memastikan kompetensi berdasarkan kualifikasi atau keahlian. Dengan memperoleh sertifikat dari LSP dapat memberikan nilai tambah bagi siswa setelah lulus dari SMK.

Persiapan sudah dimulai pada bulan September tahun 2022 setelah pelaksanaan Surveillance oleh pihak BNSP. SMK Negeri 10 Semarang menyiapkan waktu 4 bulan untuk menyelesaikan temuan dari Auditor BNSP. Dengan tim kerja baru yang diketuai oleh Bapak Soedjatmiko, S.Pd berhasil menyelesaikan kesiapan Dokumen LSP P1 sehingga siap melaksanakan Uji Kompetensi  pada tahun ini untuk kompetensi keahlian TKRO dan RPL.

“Aktifnya LSP P1 mengharapkan sinergi dan dukungan semua pihak khususnya tim manajemen SMK Negeri 10 Semarang untuk memahami fungsi dan maksud berdirinya LSP. Dengan Uji Kompetensi oleh LSP bisa  dimanfaatkan untuk memonitoring serta mengevaluasi kompetensi lulusan SMK Negeri 10 Semarang guna perencanaan perbaikan di masa yg akan datang, ” ucap Bapak  Soedjatmiko. Ia juga berharap pada masa mendatang semua kompetensi keahlian dapat melaksanakan Uji Kompetensi melalui LSP P1 SMK N 10 Semarang.

Kepala SMKN 10 Semarang menyambut baik pencabutan pembekuan LSP P1 SMKN 10 Semarang.

“Ini prestasi kita bersama atas keberhasilan mengaktifkan lagi Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1) SMKN 10 Semarang. Saya mengapresiasi teman-teman Pengurus LSP P1 atas kerja kerasnya mengaktifkan lagi lembaga ini sejak dibekukan oleh BNSP tahun 2019” Ujar Bapak Ardan Sirodjuddin.

Penulis : Andhika Wildan Krisnamurti, S.Pd, Guru Matematika SMKN 10 Semarang

Editor   : Tim Humas SMKN 10 Semarang