Peduli Kelestarian Alam, Guru & Siswa SMAN 11 Semarang Lakukan Gerakan Bersih Pantai & Penanaman Mangrove

Prihatin dengan kondisi pantai yang mulai abrasi dan dipenuhi sampah, siswa beserta guru SMA Negeri 11 Semarang bersinergi dengan aktivis lingkungan “Green Solidarity (GreenSol)” melakukan aksi sosial dan wujud peduli terhadap kelestarian alam berupa gerakan bersih pantai serta penanaman mangrove dan bibit kelapa di Pantai Tirang Semarang, Rabu (14/02/2023).

Monica Suprihatin selaku Kordinator Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5) SMA Negeri 11 Semarang mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka dengan bertemakan Gaya Hidup Berkelanjutan, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah bersih pantai, penanaman mangrove dan bibit kelapa di Pantai Tirang Semarang. Kegiatan ini dilakukan bertahap selama dua hari yaitu 14-15 Februari 2023. Total lebih dari 200 siswa berkegiatan hari ini, sedangkan sebagiannya lagi esok hari Kamis (15/02/2023).

“Tentu ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa dalam menunjang terbentuknya cerminan Profil Pelajar Pancasila terutama dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, kemandirian, gotong royong. Semoga kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin tahunan oleh SMA Negeri 11 Semarang agar memberikan manfaat untuk alam sekitar” ujar Monica.

Teriknya sinar matahari dan luasnya hamparan pantai tak sedikitpun menyurutkan niat dan semangat para siswa SMA Negeri 11 Semarang untuk melakukan aksi demi terciptanya kelestarian pesisir pantai. Sebanyak 400 bibit mangrove, 72 bibit kelapa dan 50 bibit ketapang ditanam dalam kegiatan tersebut oleh para siswa, guru dan aktivis Green Solidarity selama dua hari kedepan.

“Kami ingin mengajak para siswa khususnya kelas X untuk mengenali lingkungan dan bagaimana merawatnya dengan baik agar menjadikan suatu habit atau budaya hidup berkelanjutan. Karena apapun juga, bumi ini terutama pesisir pantai harus terus dilestarikan,” Kata Ahmad Rifai, Waka Kurikulum SMA Negeri 11 Semarang.

Kegiatan penanaman mangrove dan bibit kelapa ini didukung juga sebagai upaya mencegah abrasi di pesisir laut Pantai Tirang, Semarang. Aksi bersih sampah dan penanaman ini merupakan bentuk dan aksi kepedulian terhadap lingkungan pantai dengan merawat dan melestarikan alam. Berbekal karung yang sudah dipersiapkan, para siswa antusias dan penuh semangat memungut sampah yang berserakan dan melakukan penanaman. Selain itu guna menambah keasrian lingkungan dengan tumbuh suburnya mangrove dan kelapa, dengan kondisi pantai yang baik dan bersih diharapkan juga mampu menarik minat wisatawan untuk berekreasi di pantai ini,” ujar Rr. Tri Widiyastuti, S.Pd, Kepala SMA Negeri 11 Semarang.

Sementara Elisa (X-12) salah satu siswa mengaku, kegiatan ini sangat positif dan menyenangkan. Kegiatan ini merupakan pengalaman pertama bagi saya bisa ikut menanam mangrove dan bibit kelapa. Tidak hanya sekedar menanam, kami juga mendapat pengetahuan akan pentingnya membudayakan atau menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu gaya hidup berkelanjutan.

Penulis : Johan Tri Bayuntoro, M.Pd., Guru SMAN 11 Semarang
Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang