Verifikasi UKK SMK Bina Nusantara Semarang

Dalam mempersiapkan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK), SMK Bina Nusantara Semarang melaksanakan verifikasi UKK dari 4 kompetensi keahlian yaitu Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Bisnis Sepeda Motor, Tata Busana serta Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada Kamis, 9 Februari 2023. Verifikasi UKK dilakukan oleh Pengawas Sekolah yakni Dr. Ahlis Qoidah Noor, M.Pd. dan tim verifikator eksternal dari mitra DUDI yang dihadiri oleh Fery Wiyanto, S.Kom. (Technical Support Manager), Muhammad Ma’ruf (Workshop Head Astra Motor Siliwangi), Sony Arian (Owner Butik Sony Arian), dan Hery Subagyo (HRGA PT. STLI). Hadir juga dalam kegiatan ini Kepala SMK Bina Nusantara Semarang yakni Ari Dwi Handoko, S.Pd., Waka Kurikulum Septi Muslikhah, S.Pd. dan Kepala Program keahlian masing-masing.  Seluruh dokumen dan kelengkapan alat serta fasilitas pelaksanaan UKK telah dipersiapkan secara maksimal.

Verifikasi UKK bertujuan untuk memverifikasi kesiapan dan kelayakan SMK Bina Nusantara Semarang menyelenggarakan UKK. Dalam proses tersebut ditunjukkan berbagai macam peralatan dan bahan di laboratorium yang akan digunakan dalam UKK, termasuk persiapan administrasi terkait perangkat penilaian siswa. Secara umum perangkat UKK terdiri atas Soal Praktik Kejuruan, Pedoman Penilaian Soal Praktik dan Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Kompetensi Keahlian. “Verifikasi UKK ini sangat penting untuk menuju langkah persiapan ujian selanjutya. Tidak sekedar alat dan bahan yang dipersiapkan, namun sekolah juga menyiapkan keterampilan peserta didik sesuai kompetensi keahliannya agar para lulusan dinyatakan “sangat kompeten” dan dapat bersaing di pasaran kerja maupun mandiri berwirausaha,” ujar Bapak Ari Dwi Handoko, S.Pd. selaku Kepala SMK Bina Nusantara Semarang dalam sambutannya. Pengawas Sekolah, Dr. Ahlis Qoidah Noor, M.Pd. menyambut baik kegiatan verifikasi UKK oleh mitra industri yang telah bekerjasama dengan sekolah.

Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh tim verifikator, menyatakan bahwa SMK Bina Nusantara Semarang dinyatakan siap dan sangat layak melaksanakan UKK. Pihak industri memberikan apresiasi atas perkembangan jurusan di SMK Bina Nusantara Semarang yang semakin meningkat dari tahun sebelumnya dalam hal kesiapan peralatan pendukung UKK.

 

Penulis             : Ida Fahru Roziyah, S.Pd., Guru SMK Bina Nusantara Semarang

Editor              : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang