Implementasi Budaya Kerja Industri

Keberadaan Kelas Industri Horison di SMK Negeri 6 Semarang sudah masuk pada batch dua. Artinya sudah ada dua tingkat Kelas Industri Horison (KIH). Batch satu, siswa kelas XI saat ini sedang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama satu tahun, mulai dari semester 4 dan semester 5. Dan batch dua adalah siswa kelas X yang saat ini sedang menempuh pembelajaran teori produktif yang diajarkan langsung oleh guru-guru dari tim Horison Group. Para pengajar dari industri merupakan Head of Departement (HOD) dari unit-unit Horison Group yang ada di Kota Semarang.

Pembelajaran oleh HOD difokuskan pada empat departemen yang masuk pada bidang hospitality, yaitu front office, housekeeping, food and beverage service, dan food and beverage product. Selama pembelajaran teori siswa diajarkan oleh guru tamu industri di sekolah tentang budaya kerja di unit-unit Horison. Unit-unit Horison Group di bawah manajemen dari PT. Metropolitan Golden Management yang ada di kota Semarang adalah, Hotel Horison Nindya, Hotel Horison Ultima, Hotel Horison Kota Lama, Hotel Horison Inn Alaska, dan Hotel @Hom.

Pada hari Jumat tanggal 17 Februari 2023, kelas X KIH melakukan kegiatan pembelajaran di industri. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengimplementasikan pembelajaran teori tentang budaya kerja yang sudah diberikan oleh guru tamu di sekolah dengan budaya kerja industri Horison yang sesungguhnya. Dalam hal ini, unit Horison yang digunakan sebagai tempat pembelajaran adalah Hotel Horison Nindya. Di situlah siswa bisa melihat secara langsung budaya kerja di hotel Horison, mulai dari menyambut tamu, melayani tamu dan lain sebagianya. Dengan adanya Kelas Industri Horison merupakan wujud nyata dari program 8 + i yang ada di SMKN 6 Semarang. Dan dengan Horison atau PT. Metropolitan Golden Management, SMKN 6 Semarang mengajukan bantuan skema padanan dukungan.

 

Penulis : Humas SMKN 6 Semarang

Editor    : Nurul rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang