Sinergitas Komite dan Sekolah

Upacara hari Senin merupakan rutinitas yang dilakukan oleh SMK Negeri 6 Semarang. Akan tetapi upacara hari Senin ini ada sesuatu yang berbeda. Senin, 20 Februari 2023, sebagai pembina upacara adalah perwakilan dari orang tua siswa. Kegiatan ini merupakan program dari sekolah yang rutin dilakukan setiap ada kesempatan. Selain orang tua, pembina upacara berasal dari tokoh masyarakat ataupun lembaga dan instansi pemerintah. Kepala Kelurahan setempat, Babinsa, Babinkamtibmas, BNN dan lain-lain pernah mengisi sebagai pembina upacara hari Senin. Budaya atau program ini akan dijalankan terus bilamana ada kesempatan.

Eko Budianto selaku orang tua siswa dari Siswi Nur Hafizah kelas XII Kecantikan mendapatkan amanah sebagai pembina upacara. Dalam amanat yang disampaikan, siswa ditekankan untuk menjadi seorang entrepreneur handal selain yang akan melanjutkan ataupun bekerja setelah lulus sekolah. Ada lima kunci keberhasilan untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses, di antaranya adalah jujur, taat hukum, percaya diri, komitmen, dan tanggung jawab.

Di akhir sambutan disampaikan pula ucapan terima kasih kepada ketua komite sekolah, kepala sekolah, seluruh karyawan dan siswa SMKN 6 Semarang bahwa ini merupakan suatu kehormatan karena sudah diberikan amanah dan kesempatan menjadi pembina upacara. Ini menunjukkan bahwa ada sinergitas yang baik antara komite dan sekolah. Harapannya bahwa kegiatan seperti ini harus tetap dipertahankan dan dilestarikan serta bisa sebagai contoh dari sekolah-sekolah lain agar bisa memberikan warna dan suasana yang berbeda.

 

Penulis : Humas SMKN 6 Semarang

Editor    : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang