Sosialisasi Pramuka Garuda di SMK Negeri 10 Semarang

SMK Negeri 10 Semarang menjadi tuan rumah dalam sosialisasi tim penilai pramuka garuda pada hari Kamis (16/2/2023). Sosialisasi ini dihadiri oleh pembina gudep pangkalan tingkat siaga, penggalang, dan penegak. Hadir pula Kak Christina Ardiyanti, S.Pd. selaku ketua kwaran Semarang Utara (Semut) .

Sosialisasi tersebut dipandu oleh Kak Agus Pancono, S.Pd., M.Si. sebagai perwakilan tim bimtek pramuka garuda yang telah dilaksanakan. Tim bimtek dari kwaran Semut di antaranya adalah bina muda siaga, penggalang, dan penegak. Kegiatan ini dimaksudkan supaya setiap gudep dapat melakukan pendampingan kepada adik-adik bantara yang ingin mengikuti pramuka garuda di kwartir cabang tingkat kota.

Tanda Kecakapan Pramuka Garuda sendiri merupakan suatu bentuk Kiasan Dasar lambang kegagahan, kemandirian, kekuatan yang diharapkan dapat memberi kebanggaan bagi Pramuka sebagai ”Garuda Nusantara” yang senantiasa meningkatkan kualitas dirinya secara berkesinambungan dengan tetap melaksanakan Satya dan Darma Pramuka.

Menjadi Pramuka garuda diharapkan dapat memberikan motivasi kepada anggota muda Gerakan Pramuka agar selalu mengamalkan Satya dan Darma Pramuka dan dapat menjadi teladan yang baik bagi sesama anggota Gerakan Pramuka maupun masyarakat luas, khususnya kaum muda. Menjadi Pramuka Garuda juga akan memberikan motivasi kepada anggota muda Gerakan Pramuka untuk senantiasa meningkatkan kecakapan dan keterampilannya serta sikap dan tindakannya, sehingga menjadi manusia yang bermanfaat dan peduli terhadap lingkungannya.

Penulis : Andhika Wildan Krisnamurti, S.Pd. Guru Matematika SMKN 10 Semarang

Editor  : Tim Humas SMKN 10 Semarang