Gelar Karya P5 di SMAN 5 Semarang

Sebagai sekolah penggerak dalam Kurikulum Merdeka, SMA Negeri 5 Semarang mengadakan gelar karya siswa untuk memamerkan serta menjual hasil produk Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Gelar Karya ini diadakan selama 2 hari yaitu Rabu dan Kamis tanggal 22 sampai 23 Februari 2023. Gelar karya terbuka untuk dikunjungi orang tua siswa, masyarakat umum dan siswa dari sekolah lain. Selama satu tahun pelajaran 2022/2023 SMAN 5 Semarang telah mengusung 3 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk siswa kelas X yaitu kearifan lokal, gaya hidup berkelanjutan dan kewirausahaan. Tema kearifan lokal SMAN 5 Semarang adalah Semarang dalam Jejak Sejarah. Hasil produk yang dihasilkan oleh siswa berupa buku berjumlah 72 judul buku. P5 yang pertama ini telah dilaksanakan pada tanggal 19 sampai 30 September 2022. Siswa kelas X mengunjungi situs bersejarah di Kota Semarang. Selain mengunjungi tempat yang menyimpan sejarah bagi Kota Semarang, siswa juga mengunjungi sentra produksi kuliner asli Kota Semarang. Dari perjalanan tersebut dihasilkan produk buku yang dipamerkan dalam Gelar karya ini.

Tema gaya hidup berkelanjutan SMA N 5 Semarang yaitu Kucintai Alamku dengan Menanam. Produk yang dihasilkan dari P5 yang kedua ini adalah infografis, reels, serta tanaman daun kelor dan bunga telang. P5 yang kedua ini telah dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober sampai 4 November 2022. Daun Kelor dan Bunga Telang yang dihasilkan dari proyek ini selanjutnya akan dimanfaatkan untuk P5 yang ketiga yaitu pada saat proyek kewirausahaan.  Tema kewirausahaan SMAN 5 Semarang yaitu Pemanfaatan Bunga Telang dan Daun Kelor untuk Minuman Kesehatan. Hasil produk yang dihasilkan berupa teh telang dan teh kelor. Selain itu siswa juga berkreasi membuat barang dagangan lain berupa kaos, mug dan tote bag yang desainnya terinspirasi dari ketiga P5 yang sudah mereka kerjakan. P5 yang ketiga ini telah dilaksanakan pada 16 Januari sampai 3 Februari 2023.

Pada acara pembukaan Gelar Karya Kepala SMAN 5 Semarang, Soleh, S.Pd., M.Pd. memotivasi siswa agar terus meningkatkan kreativitas dan meningkatkan inovasi agar ke depannya dapat menciptakan produk yang orisinal dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Kepala BPTIK Provisi Jawa Tengah, Dr. Siswanto, M.Pd., juga menghimbau kepada siswa agar memasarkan produk kewirausahaan mereka dengan memanfaatkan internet dan teknologi sehingga bisa dikenal dan dibeli oleh masyarakat luas.

 

Penulis : Imaniar Yordan Christy, S.Pd.,  Guru SMAN 5 Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang