Lomba Desain Tata Busana IWAPI

Salah satu kekayaan warisan yang dimiliki daerah Kabupaten Semarang berupa batik dengan ciri khas dan keunikan masing-masing. Seperti batik Gemawang dari Jambu, batik Patron dari Ambarawa, batik Shibori dari desa Kenteng dan lain sebagainya. Dalam rangka memperingati ulang tahun yang ke-48 IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) DPC Kabupaten Semarang tahun 2023 yang dirayakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, beralamat di Sidomulyo, Kecamatan Ungaran Tim, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50514. Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 yang bertema “IWAPI bersama Pemerintah mengembangkan UMKM dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Semarang agar berdayaguna dan Berjaya” dimeriahkan dengan berbagai acara di antaranya  2 macam lomba yaitu lomba design batik baju pesta tema batik khas Kabupaten Semarang dan lomba Fashion Show batik khas Kabupaten Semarang dengan tema casual yang diikuti oleh kaum ibu-ibu dan pelajar SMK dari 21 SMK se-Kabupaten Semarang dan juga diisi dengan bazar aneka produk UMKM lokal Kabupaten Semarang. Tidak kurang dari 26 stands bazar mulai dari kuliner seperti makanan dan minuman, fashion, kain batik, jasa, biro travel, kriya hingga properti dan juga dari produk kosmetik salah satunya dari produk Viva turut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Pembukaan acara diawali dengan doa. Lalu, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan menampilkan Mars IWAPI juga Mars Kabupaten Semarang. Setelah itu dilanjutkan dengan laporan ketua panitia dan sambutan-sambutan. Kemudian setelah itu lanjut acara pemotongan kue dan tumpeng juga ramah tamah. Ditampilkan juga persembahan tari “Ayo Dolan Ning Kabupaten Semarang.” Dilanjutkan acara-acara lainnya. Kontingen dari SMK NU Suruh dengan 3 guru pendamping yaitu Ibu Nur Budiyanti, Ibu Yuni Tri Lestari, S.Pd. dan Bapak Ahmad Nurul Afiq, S.E. Dan perwakilan 2 siswa atas nama Wahidah Washilatur Rohmah (XII TB) mengikuti lomba Fashion Show batik dengan tema casual dan atas nama Rita Risme Enilla (XII TB) memperoleh Juara II dalam mengikuti lomba design batik baju pesta tema batik khas Kabupaten Semarang dari 21 SMK se-Kabupaten Semarang.

Untuk menggali lebih dalam khasanah batik, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia ( IWAPI ) ingin mencoba mengeksplorasikan melalui kegiatan lomba mendesain baju pesta tema batik khas Kabupaten Semarang dan peragaan busana batik lokal khas Kabupaten Semarang. Latar belakang dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah sebagai salah satu upaya mendorong UMKM lokal terutama batik khas Kabupaten Semarang , yang disampaikan oleh Ibu Ovi Safitri sebagai Wakil Ketua Umum III Bidang Perdagangan DPC IWAPI Kabupaten Semarang. Dijelaskan Ibu Ovi, potensi daerah terutama batik di bumi serasi sangat menonjol. Sehingga pihaknya menangkap peluang ini dengan menggandeng pelajar SMK di Kabupaten Semarang untuk dapat mengembangkan diri.

Selain dengan lomba desain batik, pelajar SMK ini juga diberi wadah untuk memamerkan karyanya melalui Fashion Show. Dengan itu ia berharap para generasi memiliki ruang yang lebih luas untuk berekspresi dan mengembangkan kreativitasnya. Sementara Bupati Semarang Bapak Ngesti Nugraha mengapresiasi apa yang dilakukan oleh DPC IWAPI Kabupaten Semarang kali ini. Menurutnya, usaha untuk membangkitkan UMKM pasca pandemi termasuk batik juga menjadi salah satu prioritas. Kami segenap warga SMK NU Suruh mengucapkan, “Selamat ulang tahun kepada IWAPI Kabupaten Semarang yang telah berjaya selama 48 tahun, semoga semakin maju untuk ke depannya. Terima kasih telah menyelenggarakan lomba yang dapat membuat peserta didik jurusan Tata Busana memiliki ruang lebih luas untuk berekspresi dan berkreasi dalam berkarya.”

 

Penulis : Rita Risme Enilla, Siswi kelas XII TB SMK NU Suruh

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang