Pelindo Mengajar di SMAN 5 Semarang

Selasa, 21 Februari 2023, BUMN Pelindo mengadakan kegiatan di SMA Negeri 5 Semarang dengan tajuk “Pelindo Mengajar Goes To Semarang.” Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas XII. Kegiatan bertujuan untuk mengenalkan BUMN Pelindo kepada siswa. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa termotivasi belajar dan kelak dapat bergabung dengan BUMN terutama Pelindo. Melalui tayangan video Erik Tohir, Menteri BUMN RI, menyampaikan generasi muda harus mempersiapkan 3 hal agar bisa menjadi generasi yang unggul di masa depan seperti kapabilitas, bekerja dengan sungguh dan tidak pernah berhenti belajar.

Kepala SMAN 5 Semarang, Soleh, S.Pd., M.Pd. mengapresiasi program Pelindo mengajar. Dengan program ini, siswa kelas XII SMAN 5 Semarang memiliki wawasan dan pandangan baru tentang kesempatan berkarier di BUMN yaitu di Pelindo. Pelindo merupakan BUMN yang menyediakan jasa kepelabuhan dan maritim yang handal serta terintegrasi dengan kawasan industri untuk mendukung jaringan logistik Indonesia dan global dengan memaksimalkan manfaat Ekonomi selat malaka.

General Manager PT. Pelindo, Hardianto menjelaskan bahwa Pelindo merupakan kepanjangan dari Pelabuhan Indonesia yang kegiatannya adalah melayani jasa kepelabuhan. Jasa kepelabuhan ada beberapa antara lain jasa pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan air dan tanah (menyewakan tanah di pelabuhan). Selain itu Pak Hardianto berbagi pengalaman dengan siswa tentang bagaimana perjuangannya dalam menempuh pendidikan hingga akhinya dapat mengikuti seleksi pegawai Pelindo dan sampai sekarang bisa menduduki posisi General Manager PT. Pelindo. Kisah Pak Hardianto ini dapat menginspirasi siswa untuk pantang menyerah menempuh pendidikan dan untuk mencari pekerjaan. Muhammad Ryandhika Wicaksono, siswa kelas XII MIPA 5, mengaku senang dan antusias mengikuti acara Pelindo Mengajar. Ia menjadi tahu jenjang karier yang ada di Pelindo. Selain itu, Ryandhika juga belajar tentang ekosistem maritim di Indonesia, layanan maritim dan kepelabuhan, serta standardisasi sistem layanan Pelindo.

 

Penulis : Imaniar Yordan Christy, S.Pd., Guru SMAN 5 Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang