STUDI TIRU  MGMP KIMIA  SMA/MA KOTA YOGYAKARTA KE SMA NEGERI 2 UNGARAN

Menjadi suatu kehormatan bagi SMAN 2 Ungaran mendapatkan kunjungan dari MGMP Kimia SMA/MA Kota Yogyakarta. Kunjungan dalam rangka sharing bersama terkait praktik Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang ada di sekolah penggerak. Ya, SMA Negeri 2 Ungaran menjadi salahsatu  sekolah penggerak tingkat atas di Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan berbagi  praktik baik khusus mata pelajaran Kimia berlangsung dari pukul 10.00 -12.00 WIB. Kegiatan tersebut terlaksana pada Kamis, 9 Februari 2023.

Ibu Sri Ningsih, S.Pd., memandu kegiatan studi tiru tersebut. Kegiatan studi tiru dimulai pukul 10.00 tepat, dengan pembukaan menjadi acara pertama. Dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Subroto, S.Pd., M.Pd., selakuKepala SMA Negeri 2 Ungaran, sekaligus mengucapkan selamatdatang kepada tamu dari kota Yogyakarta. Usai sambutan dari Kepala SMA Negeri 2 Ungaran, sambutan berikutnya adalah dari Ketua MGMP Kimia SMA/MA kota Yogyakarta yang disampaikan oleh Bapak H. Purnawa, M.Ag. Acara berikutnya yaitu sharing pengalaman dan diskusi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah masing-masing, acara diakhiri dengan sesi foto Bersama.

Kegiatan studi tiru berlangsung sangat seru, sampai tidak terasa kegiatan yang diagendakan berakhir pada pukul 12.00 WIB menjadi lanjut sampai pukul 12.30 WIB. Dalam kegiatan studi tiru memberikan banyak ilmu yang bisa saling belajar baik dari pihak kota Yogyakarta maupun dari pihak SMA Negeri 2 Ungaran. Menjadi sekolah volunteer untuk sekolah penggerak yang pertama di Kabupaten Semarang menjadikan kami untuk melek ilmu sebagai langkah awal bagi sekolah kami untuk menjadi sekolah penggerak. MGMP Kimia Kota Yogyakarta merupakan sekolah yang kesekian yang datang untuk studi tiru ke sekolah kami. Namun begitu bukan berarti kami beranggapan bahwa sekolah kami adalah sekolah yang paling hebat tidak, namun dari kegiatan studi tiru menjadi bahan refleksi bahwa kami harus terus belajar untuk membenahi hal-hal yang masih belum optimal. Ketika menjadi cermin bagi sekolah lain tentunya semangat belajar belajar dan belajar menjadi lebih besar lagi. Memberikan contoh yang terbaik menjadi mimpi keluarga SMAN 2 Ungaran, menjadi percontohan pemula tentunya menjadia jang trial and error untuk suatu kebijakan, namun semua itu semua menjadikan kami tercambuk untuk terus memperbaiki diri agar bisa menjadi figure untuk sekolah yang lain. Menjadi slogan kami SMADA Maju Bersama Hebat Semua.

Penulis: Sri Ningsih, S.Pd., Guru SMAN 2 Ungaran.

Editor: Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.