Gelar Karya dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMK Pelayaran Wira Samudera   “Pernikahan ala Perwira Pelayaran”

Sekolah merupakan tempat paling menyenangkan. Di sekolah peserta didik dapat mencari ilmu dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar terutama teman sebaya, guru serta karyawan di sekolah. Melalui sekolah juga, peserta didik mampu mengasah ilmu dan kepribadiannya ikut terbentuk melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter membentuk kecenderungan individu untuk memiliki karakter yang baik dan berguna bagi orang lain. 

SMK Pelayaran Wira Samudera berhasil membentuk karakter siswa yang disiplin dan penuh tanggungjawab. Salah satu wujud dari pembentukan karakter yaitu dilaksanakannya kegiatan Gelar Karya dengan tema Kearifan Lokal dipadukan dengan Ujian Praktik Kewirausahaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat, 24 Februari 2023. Tema yang diangkat pada kegiatan ini cukup unik,  yaitu “Pernikahan ala Perwira Pelayaran”, tema ini merupakan kesepakatan hasil diskusi guru dengan siswa. 

     Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Mereka mendapatkan tugas yang berbeda. Setiao kelompok didampingi oleh satu guru. Layaknya pernikahan yang digelar pada umumnya, pada praktik pernikahan ini terdapat mempelai pria, mempelai wanita, serta penghulu yang bertugas untuk mengesahkan akad nikah. Tak lupa dihadirkan juga saksi nikah dari masing-masing mempelai. Tidak hanya itu, ujian praktik nikah ini juga dilengkapi dengan pelaksanaan upacara pedang pora sebagai simbol solidaritas dan persaudaraan antar taruna pelayaran. Upacara pedang pora ini dilaksanakan untuk menandai penerimaan pasangan sang prajurit dalam keluarga besar militer. Upacara ini diangkat untuk melengkapi ujian praktik karena sesuai dengan nama sekolahannya, yaitu SMK Pelayaran Wira Samudera. Salah satu sekolah menengah kejuruan berbasis pelayaran dan termasuk ke dalam tradisi militer. 

Pelaksanaan Gelar Karya dan P5 “Pernikahan ala Perwira Pelayaran” ini mengundang beberapa tamu seperti Pengawas Pembina Sekolah, Pengawas GPAI, Yayasan, Komite Sekolah, dan beberapa sekolah sekitar. Dalam kegiatan ini juga diisi dengan beberapa hiburan yang tak kalah menariknya yaitu pertunjukan silat, tari kreasi, dan juga nyanyian-nyanyian yang dibawakan oleh siswa kelas XI. Semua momen acara dari awal hingga selesai diabadikan oleh sie dokumentasi. 

Semua perintah yang diberikan, dilaksanakan dengan sangat maksimal dan menyenangkan. Kreativitas siswa dituangkan penuh melalui Gelar Karya, mulai dari konsep pernikahan, rundown acara, serta penampilan yang memukau dari setiap peserta didiknya. Tidak lepas dari tema “Pernikahan ala Perwira Pelayaran”, peserta didik kelas XII juga mendapatkan tugas untuk belajar berbisnis dengan cara berjualan aneka makanan dan minuman yang dikemas semenarik mungkin. Mereka juga membuat brosur menarik disetiap standnya, ini merupakan strategi marketing peserta didik yang digunakan untuk menarik minat pembeli agar membeli aneka kuliner yang dijual ketika acara tersebut berlangsung. 

      

Penulis: Karisma Sari Wulandari, S. Pd., Guru SMK Pelayaran Wira Samudera  

Editor: Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah