SMAN 1 Bringin Hadirkan Workshop “Snake Rescue” dalam  Rangkaian Pelaksanaan P5

Bringin, 2 Maret 2023 – Pelaksanaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di SMA Negeri 1 Bringin kali ini mengambil judul “SMANSABRI BERHIAS (Bersih, Hijau, Indah, Asri dan Sehat)”. Salah satu rangkaian kegiatan yang dirancang oleh PIC dari Projek P5 dala, tema Gaya Hidup Berkelanjutan ini yaitu Workshop “Snake Rescue“. Pihak sekolah mendatangkan narasumber dari tim Exalos Indonesia yang memiliki cabang basecamp di Salatiga.

Pada kegiatan Workshop “Snake Recue” ini, siswa-siswi SMA Negeri 1 Bringin mendapatkan edukasi seputar ular dari tim Exalos Indonesia. Mulai dari jenis-jenis ular, bagaimana cara penanganan ular, serta pertolongan pertama pada korban gigitan ular yang dikemas sangat apik.

Siswa-siswi begitu antusias untuk mengikuti kegiatan. Hal ini merupakan pengalaman pertama bagi mereka, karena dapat secara langsung menyaksikan bahkan belajar mempraktikkan langsung bagaimana cara penanganan terhadap ular. Ada berbagai jenis ular yang dibawa oleh tim Exalos Indonesia, mulai dari ular yang tidak berbisa hingga ular yang berbisa.

Melalui kegiatan Workshop ini diharapkan siswa-siswi dapat menghilangkan stigma negatif terhadap ular. Karena sebagian besar orang memiliki respon negatif terhadap ular. Mereka menganggap semua ular berbahaya dan layak untuk dibunuh.

Pada kesempatan ini, tim Exalos Indonesia mengajarkan beberapa teknik antisipasi jika bertemu dengan berbagai jenis ular dan mengajarkan teknik penanganan ular sesuai dengan jenis ularnya. Siswa-siswi diberikan kesempatan untuk mencoba secara langsung bagaimana cara memegang ular yang benar, bagaimana cara melepaskan ular ketika sudah tertangkap,  serta hal-hal apa saja yang harus diperhatikkan dalam menangkap ular. Tujuannya agar siswa-siswi dapat mengetahui cara yang tepat dan benar saat berhadapan langsung dengan ular ketika berada di luar lingkungan sekolah.

Penulis : Meilita Nindyasari, S.Pd., Guru SMA Negeri 1 Bringin.

Editor: Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.