SMANTA Jaya Memperingati Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW 1444H

SMA Negeri 1 Tengaran pada Jumat, 24 Februari 2023 / 1444 H, telah menyelenggarakan Isro’ Mi’ roj Nabi Muhammad SAW dengan tema “Dengan Semangat Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW Kita Tingkatkan Ukhuwah dan Ibadah Bagi Generasi Muslim SMANTA yang Religius,” mendatangkan pemateri Bapak KH. Fauzi Arkhan, M.Ag. dari Pondok Pesantren Alfa Queen Arkhan Fauzy Salatiga dan dimeriahkan oleh penampilan Grub Rebana Muhhibul Mustafa SMAN 1 Tengaran. Bapak Drs. Tri Ajar Suprapto Al Kusworo, M.Pd. selaku Kepala Sekolah, dalam sambutannya mengajak seluruh hadirin khususnya siswa/siswi SMAN 1 Tengaran untuk meningkatkan Sholat berjamaah di Masjid yang fadhilahnya sangat besar bagi pembentukan generasi Muslim Religius yang berakhlak mulia.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Bapak Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Semarang Bp. H. Nurudin yang didampingi Ibu Dra. Hj. Nur Solichah, M.Pd. selaku Pengawas Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama Kabupaten Semarang untuk memberikan arahan dan pembinaanya bagi Generasi Muslim SMANTA dalam kehidupan Muslim sehari-hari. Beliau menyampaikan pesan mengenai tentang Isra’ Mi’raj, bahwa Isra’ Mi’raj diperingati oleh orang yang beragama Islam agar mampu membentuk karakter generasi Muslim yang menjadi insan berakhlak mulia. Beliau juga berpesan kepada seluruh hadirin untuk mencintai makna yang terkandung dalam Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Pada sesi acara tausyiyah disampaikan oleh KH Fauzy Arkhan, M.Ag. dari awal hingga akhir, jamaah sangat antusias. Materi yang disampaikan sangat menarik dan menyentuh bagi kalangan generasi Muslim muda, disertai selingan guyonan yang kocak mampu memecah suasana kaku menjadi menyenangkan dan tetap sanggup menggali makna materi yang disampaikan. Dalam uraiannya beliau menyampaikan mengapa kita memperingati Isro’ Mi’roj? Sebab untuk mengingat mukjizat Allah SWT. Kesedihan yang Allah berikan kepada umat tidaklah sebanding dengan kuasa Allah SWT. Tidak semua hal bisa dilakukan dengan baik tanpa pemikiran yang dalam dan juga perasaan. Jika ingin menaikkan derajat maka carilah ilmu. Kejadian Isra Mi’raj berawal kilas balik ketika Allah SWT mensucikan hati Nabi Muhammad SAW dengan air zam zam, Nabi diisi dengan ilmu dan sifat hilim. Setingkat apakah kecerdasan Nabi Muhammad SAW? Nabi Muhammad SAW sangat cerdas karena setiap saat mendengar pembelajaran dari Jibril, beliau langsung hafal. Maka dari itu perkataan dan teladan Nabi Muhammad SAW adalah sumber ilmu.

Hikmah tausyiyah selanjutnya adalah bahwa ridha Allah adalah ridha orang tua maka jangan sekali-sekali bersikap sombong selama dalam menimba ilmu, dan taati selalu orang tua. Tutup aurat kita dan jangan membicarakan keburukan orang lain, terutama guru kita. Senanglah bersilaturahim sehingga Allah SWT akan senantiasa mengabulkan doa-doa kita semua jika tidak menentang orang tua dan guru, tidak berzina dan tidak menyakiti sesama saudara muslim. Dalam kegiatan ini, juga dilakukan penggalagan infaq dan alhamdulillah terkumpul sejumlah Rp1.727.000,- (Satu Juta Tujuh Ratus Dua puluh Tujuh Ribu Rupiah) dan ditasarufkan untuk membantu rehabilitasi Masjid Al-Ikhlas Kemenag Kabupaten Semarang. Acara ditutup dengan doa, semoga Allah SWT senantiasa memberi petunjuk, bimbingan dan kemudahan bagi kita dalam menggapai cita-cita. Aamiin.

 

Penulis : Ibu Mustafidatus Showinah, S.Pd.I., Guru SMAN 1 Tengaran

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang