SMAPA Ngunduh Projek P5

SMAPA (SMA Negeri 4 Semarang) pada 28 Februari dan 1 Maret 2023 menggelar hajat besar-besaran. Acara tersebut berupa expo projek satu dan projek dua, serta pagelaran wayang orang yang dipentaskan oleh peserta didik kelas 10.

Expo dan pagelaran wayang merupakan wujud dari projek P5 yang terdapat pada kurikulum merdeka yang tengah digencarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kurikulum merdeka menerapkan kegiatan belajar mengajar dengan lebih fleksibel dan berfokus pada pengembangan karakter siswa.

Expo projek SMAPA memamerkan dua projek sekaligus yaitu berupa projek satu dengan produk hasil pengolahan limbah sampah. Sedangkan produk projek dua berupa infografis dengan topik Bhineka Tunggal IKA. Selain expo, juga ada projek ke-3 dengan tema kearifan lokal.

SMAPA memilih melaksanakan pagelaran wayang dengan maksud melestarikan kebudayaan lokal dan nguri-uri budaya. Untuk projek ke-3 ini, para siswa tidak hanya menirukan cerita asli dari wayang tersebut namun para siswa juga membuat naskah dan bahkan mempersiapkan properti secara mandiri selama 1 bulan.

“Tema projek kali ini adalah Ngunduh Projek-Cahanakya Churtina. Chanakya Curtinya sendiri memiliki arti pelajar yang baik. Hal ini sudah terlihat dan terwujud dari kerja sama anak-anak Smapa dalam melaksanakan projek dari projek gaya hidup berkelajutan, bhineka tunggal ika, dan kearifan lokal” Tutur Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Ibu Wiwin Sri Winarni, S. S.

Acara ngunduh projek sendiri dibuka oleh Cabang Dinas 1 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Terdapat beberapa sponsorship ang mendukung kegiatan ini antara lain Bank Jateng, Udinus, Unika, BSI, dan banyak lainnya. Begitu pula ada alumni SMAPA yang sekarang menjadi Camat di Gajahmungkur menyumbang Videotron untuk menambah kesan pada penampilan pagelaran wayang. Peran dari orang tua peserta didik juga sungguh luar biasa membantu dalam pementasan anak-anak mereka.

“Waktu pertama diumumkan tentang projek ini kaget sih kak, bingung juga bakal gimana waktu tampil nanti. Tapi ngelihat temen-temen bisa semangat dan kita di sini banyak bersenang-senang juga, jadi gak terlalu berat rasanya.” begitu kata salah satu pemeran utama acara ngunduh projek ini.

Apresiasi juga datang dari pengunjung luar SMA Negeri 4 semarang yang dating untuk menghadiri undangan. Seperti yang diketahui bahwa SMA Negeri 4 Semarang juga mengundang perwakilan dari seluruh sekolah di Kota Semarang, mulai dari jenjanh SMP, SMA, dan SMK. Harapannya, untuk kegiatan-kegiatan projek P5 selanjutnya akan lebih meriah, bermakna, serta mendidik karakter peserta didik SMA Negeri 4 Semarang dan terus menginspirasi yang lainnya. SMAPA INSPIRATIF!

Penulis: Humas SMA N 4 Semarang.

Editor: Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.