SMAN 1 Tuntang Luncurkan Buletin Sekolah

Senin, 6 Maret 2023, SMA Negeri 1 Tuntang resmi meluncurkan Buletin Sekolah Bernama BARATA. BARATA merupakan akronim dari Berita Seputar SMAGENTA (SMA Negeri 1 Tuntang). Buletin sekolah ini merupakan salah satu produk dari Tim Literasi Sekolah dan Ekstrakurikuler Jurnalistik. Tujuan dari diterbitkannya buletin ini adalah untuk mendorong Gerakan Literasi Sekolah yang sedang digalakkan di SMA Negeri 1 Tuntang. “Buletin ini adalah wadah bagi para siswa dalam rangka literasi sekolah, silahkan ikut berkontribusi dalam pengembangannya. Kalian dapat mengirimkan tulisan-tulisan kalian juga disini,” tutur Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tuntang dalam Amanat Upacara Senin pagi.

Agus Setiyono, S.Pd., M.Pd.B.I. mengungkapkan bahwa buletin ini juga merupakan langkah nyata yang dikembangkan sekolah sesuai dengan rapor mutu Pendidikan SMA Negeri 1 Tuntang. Buletin akan terbit setiap bulannya dan memiliki rubrik unggulan seperti News Flash, Berita Viral, Karya Siswa dan Juga Inspiratif. Setiap bulannya buletin akan dibagikan sebagai bahan bacaan siswa khususnya dan warga SMA Negeri 1 Tuntang pada umumnya.

Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri 1 Tuntang juga dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kemampuan membaca dan menulis yang kuat sangat penting bagi kesuksesan siswa di sekolah dan dalam kehidupan di masa mendatang. Kemampuan membaca yang baik juga dapat membantu siswa memahami materi pelajaran lebih baik, meningkatkan kemampuan kognitif, serta membuka akses pada berbagai sumber pengetahuan. Sedangkan kemampuan menulis yang baik dapat membantu siswa mengekspresikan ide dan pemikiran mereka dengan lebih jelas dan efektif. “Kita akan terus mendorong program yang positif ini dan tentunya akan menjadi program prioritas dari SMA Negeri 1 Tuntang,” tutup Agus Setiyono, S.Pd., M.Pd.B.I.

 

Penulis : Humas SMAN 1 Tuntang

Editor    : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang