SMAN 1 Bringin Berkebun

Jumat, 3 Maret 2023 peserta didik kelas X SMA N 1 Bringin didampingi guru pembimbing melaksanakan kegiatan berkebun yakni pengolahan lahan kosong. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang kedua yakni Gaya Hidup Berkelanjutan. Dengan tagline SMANSABRI BERHIAS (Bersih, Hijau, Indah, Asri dan Sehat) SMA N 1 Bringin merupakan sekolah yang tergolong memiliki lahan luas dan banyak tempat yang bisa di manfaatkan lebih dalam bidang perkebunan dan ditunjang dengan kondisi tanah yang cocok sebagai lahan menanam.

Kegiatan ini dimulai dari hari Jumat, 3 Maret hingga Selasa, 7 Maret 2023 ini. Peserta didik mengawali kegiatan dengan mengolah lahan sesuai dengan kopling yang sudah di bagi perkelas dari kelas X 1 sampai  kelas X 8. Dimulai dari menata ulang taman depan kelas untuk dirombak menjadi lebih cantik dan indah dengan memanfaatkan media bahan bekas, kemudian lahan kosong samping kantin untuk ditanami tanaman herbal seperti kunyit, jahe, sereh, sirih hijau dan sirih merah. Kemudian terdapat peserta didik yang memanfaatkan lahan hutan sekolah untuk di tanami berbagai macam sayur mayur seperti, bayam, sawi, kacang panjang, terong, dan lain sebagainya. Terdapat pula peserta didik yang melakukan budi daya jamur di dekat bank sampah. Selama proses pengolahan lahan peserta didik juga di himbau untuk mengumpulkan sampah-sampah daun kemudian diarahkan untuk dibuang di sampah komposter yang dimiliki sekolahan.
Peserta didik terpantau antusias dengan bersemangat membawa peralatan pertanian dari rumah  dan bahu membahu mengolah lahan masing-masing. Harapannya, kegiatan berkebun peserta didik ini tidak hanya sebatas menanam saja, tapi juga belajar memelihara dan memberdayakan peserta didik terlibat dalam aktivitas lingkungan dimulai dari lingkungan sekolah SMA N 1 Bringin kemudian bisa merambah ke lingkungan tempat tinggal mereka.

Penulis: Indana Mashlatur Rifqoh, S.Pd.I., Guru SMAN 1 Bringin.

Editor: Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah Semarang.