SMA Sultan Agung 3 Gelar Pagelaran Seni

SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang  menyelenggarakan pagelaran tari dengan tema “The Javanese Kingdom”. Kegiatan tersebut   dilaksanakan pada  Kamis, 2 Maret 2023 di sekolah  Jl. Raya Kaligawe KM-4 Semarang.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah Tarno, S.Pd, M.Si., di halaman sekolah  dan diikuti oleh guru, karyawan,  serta seluruh siswa. Dalam sambutannya, kepala sekolah merasa senang dan bangga, serta memberikan apresiasai yang setinggi-tingginya kepada siswa  yang berhasil melaksanakan pagelaran tari dengan meriah. Sswa  tidak saja mampu  mementaskan seni di depan umum, tetapi juga bisa menyelenggarakan pagelaran dengan manajemen yang baik, mulai dari planning, organizing, actuating dan controlling. 

Dalam pagelaran tersebut,  kelas XII menampilkan  empat tari kreasi yang dengan judul Penyelamatan Putri, Kelahiran Sang Pahlawan, Perdamaian serta Perang Hanoman dan Rahwana  yang dibawakan dengan indah dan  penuh makna. Kelas XI  tampil dengan music perkusi yang menggugah semangat  dan kelas X menampilkan tari Indang yang yang berasal dari  daerah Pariaman khususnya suku Minangkabau  Sumatra Barat. Tarian ini disebut juga tari dindin badindin yang  merupakan sarana dakwah agama Islam di suku Minang. 

Guru seni tari yang sekaligus pembimbing kegiatan Mentari Isnaeni, S.Pd, M.Sn., menjelaskan bahwa kegiatan sudah dirancang dan dipersiapkan sejak awal semester ganjil dengan target siswa kompeten menari sebagai pengisi acara dan mampu merancang dan menyelenggarakan pagelaran.  Mentari merasa bersyukur karena kegiatan dapat berjalan lancar dan anak-anak bisa tampil dengan maksimal dengan segala keterbatasan yang ada.

Adapun tujuan pagelaran senu ini adalah untuk penilaian ujian praktik mapel  seni, menjalin kebersamaan antar siswa dan memberi  kesempatan kepada siswa untuk mengekspresikan jiwa seni mereka lewat pentas dengan  baik dan penuh tanggung jawab.

Penulis : Febriarni Fatiha F, Guru SMA Islam Sultan Agung 3.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.