Watanabe Ichi "Mas Eko" Native Speaker Bahasa Jepang di SMAN 12 Semarang

Berakhir sudah tugas Watanabe Ichi “Mas Eko” sebagai Native Speaker dari Jepang yang  bertugas di SMAN 12 Semarang dalam program NIHONGO Partners (NP) gelombang 17 B, yang  dilaksanakan pada bulan September 2022 – Maret 2023. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh Watanabe Ichi di SMAN 12 Semarang diantaranya  pengenalan kosakata, mendengarkan, berbicara, budaya Jepang, dan lain sebagainya.

Guru Bahasa Jepang SMAN 12 Semarang yakni Ibu Rike Riszki Yunitasari, S.Pd., dan Ichi telah melakukan kerjasama dalam mengajarkan Bahasa Jepang dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Di samping itu juga telah dilaksanakan pelatihan Team Teaching mengenai pengenalan Budaya Jepang di dalam kelas.

Guru dan Nihongo Partners saling bekerjasama untuk menciptakan pembelajaran Bahasa dan Kebudayaan Jepang yang menyenangkan dan mudah dipahami. Melalui program Nihongo Partners, memberikan warna tersendiri yang luar biasa bagi peserta didik dalam mempelajari Bahasa dan Kebudayaan Jepang.

Keterlibatan Watanabe Ichi dalam kegiatan belajar mengajar dan ekstrakurikuler Bahasa Jepang banyak memberikan ilmu pengetahuan, bahasa, budaya dan motivasi tersendiri bagi peserta didik. Peserta didik merasa senang dan bangga karena mendapatkan Guru Bahasa Jepang yang berasal dari negeri sakura langsung (Native Speaker). Hal tersebut semakin memantapkan pengetahuan dan kebudayaan  Jepang itu sendiri.

Kedatangan Watanabe Ichi tentu disambut baik oleh guru dan karyawan SMAN 12 Semarang. Begitu mudah dan bahagiannya Watanabe Ichi dalam beradaptasi dengan warga SMAN 12 Semarang. Semua ramah, baik dan betah tinggal di Indonesia, di SMAN 12 Semarang. Begitu yang disampaikan dan dirasakan oleh Ichi. ”Suatu saat nanti ingin datang lagi ke Indonesia ke SMAN 12 Semarang. Senang dengan suasana dan semuanya”, kata Ichi dalam sambutannya di akhir pertemuan. 

Dalam acara pelepasan tugas Watanabe Ichi di SMAN 12 Semarang, Ibu Dr. Endah Dyah Wardani, M.Pd., menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada Watanabe Ichi atas dedikasi, ilmu, dan kerja sama menjadi Native Speaker serta guru tamu di SMAN 12 Semarang. Kami keluarga besar SMAN 12 Semarang mohon maaf jika selama di SMAN 12 Semarang ada hal yang kurang berkenan dan selamat kembali ke Jepang dengan selamat.

Penulis : Yekti Wikani, M.Pd., Humas SMAN 12 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.