Sosialisasi Pajak Kendaraan Bermotor dan Safety Riding di SMAN 12 Semarang

Rabu, 8 Maret 2023 SMAN 12 Semarang mengadakan Sosialisasi Pajak Kendaraan Bermotor dan Safety Riding. Kegiatan ini merupakan bentuk edukasi kepada generasi milenial tentang kesadaran pentingnya membayar pajak kendaraan serta kewaspadaan dalam berlalu lintas. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan upacara, dalam acara apel pagi yang diikuti oleh peserta didik, ibu / bapak guru, serta karyawan SMAN 12 Semarang.

Kegiatan sosialisasi dikemas secara apik dan menarik. Terlaksananya kegiatan ini karena adanya kolaborasi antara Badan Pengelola Pendapatan Daerah, Ditlantas Polda Jateng, dan PT Jasa Raharja di lingkungan Provinsi Jawa Tengah. Dengan kolaborasi, kegiatan sosialisasi dirasakan sangat menarik dan bermanfaat bagi peserta didik, ibu / bapak guru, dan karyawan.


Sosialisasi yang pertama, disampaikan oleh Bapak Arief Adi Nugroho, S.H. ( Kasi Pajak Kendaraan Bermotor) Provinsi Jawa Tengah. Dalam paparannya, beliau menyampaikan tentang arti pentingnya pajak bagi negara kita Indonesia tercinta. Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan edukasi  di SMAN 12 Semarang ini, peserta didik akan menjadi agen penyampaian informasi kepada teman, keluarga, dan tetangga. Sehingga berdampak positif pada peningkatan pembayaran pajak kendaraan bermotor serta memberikan kontribusi kepada peningkatan pendapatan negara digunakan untuk melaksankan pembangunan.

Sosialisasi edukasi Kedua, disampaikan Bapak Aditya Ginanjar Indrasakti, S.H. (PJ. Jasa Raharja Samsat Semarang III). Saat ini kecelakaan didominasi oleh mereka yang berusia produktif, Jasa Raharja memberikan santunan bagi korban kecelakaan di jalan raya. Namun demikian, walaupun terdapat jaminan hendaknya tetap melakukan pencegahan dengan berkendara lebih hati-hati. Hal demikan merupakan upaya pencegahan, dengan adanya kegiatan sosialisasi edukasi ini dapat menambah pengetahuan dan kesadaran kepada peserta didik SMAN 12 Semarang dan tentunya atas dasar kesadaran tersebut dapat mengurangi angka kecelakan dan berkendara dengan aman dan nyaman.

Sosialisasi edukasi ketiga tentang Safety riding disampaikan oleh Bapak Solichan, S.H., dari Ditlantas Polda Jateng kepada peserta didik SMAN 12 Semarang tentang tertib berlalu lintas. Dalam sosialisasi tersebut, ditampilkan juga contoh siswa yang menggunakan sepeda motor untuk dilengkapi dengan perlengkapan pribadi seperti STNK, SIM, dan helm yang sesuai standar. Ditlantas Polda Jateng juga memperagakan bagaimana melakukan teknik pengereman yang benar, tepat, dan aman dengan berbagai macam cara.

Kegiatan sosialisasi edukasi ini ditutup dengan ucapan terima kasih dari kepala SMAN 12 Semarang, Ibu Dr. Endah Dyah Wardani, M.Pd. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Badan Pengelola Pendapatan Derah, PT Jasa Raharja, dan Dit Lantas Polda Jateng yang telah bersama-sama kolaborasi memberikan sosialisasi edukasi tentang arti pentingnya membayar pajak kendaraan bermotor, adanya santunan kecelakaan, dan edukasi tertib berlalu lintas. Semoga bermanfaat bagi siswa SMAN 12 Semarang.

 

Penulis : Yekti Wikani, M.Pd., Humas SMAN 12 Semarang.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.