Kolaborasi SMKN Satu Atap Tuntang Dengan Sanggar Perdikan dalam Kirab Budaya Hari Jadi Kab. Semarang ke-502

Dalam rangkaian memperingati hari jadi Kabupaten Semarang yang ke-502, pemerintah Kab. Semarang pada hari Rabu, 15 Maret 2023, menggelar karnaval dan kirab budaya. Kegiatan kirab budaya ini diikuti oleh seluruh Forkopimda Kab. Semarang, perwakilan siswa tingkat SD dan SMP, Korwilcam Bidang Pendidikan serta perwakilan Kelompok Seni se-Kab. Semarang. Rute yang dilalui yaitu start dari Alun-alun Bung Karno Kalirejo, Kec. Ungaran Timur kemudian finish di depan pendopo Kab. Semarang.

Siswa-siswi SMKN Satu Atap Tuntang yang tergabung dalam Sanggar Perdikan yang didirikan oleh Bapak Nano Suparna dan dilatih oleh Bapak Suprihans ikut serta menyemarakkan kirab budaya tersebut. Beberapa siswa-siswi yang tergabung dalam Sanggar Perdikan yaitu Nurul Istiqomah, Heny Susilowati, Evi Monika, Antirofiah, Nurul Aulia, dan M. Alif Noya Syafa Abi. Pada kirab budaya tersebut mereka menampilkan tari kreasi yang apik, beberapa siswa berperan menjadi putri yang cantik, sedangkan beberapa siswa lainnya berperan sebagai buto (setan yang berwujud besar dalam Bahasa Jawa).

Meskipun untuk perform di depan pendopo Kab. Semarang hanya dibatasi dua menit saja tetapi mereka bisa menampilkan tarian tersebut dengan baik dan semarak. Setelah selesai, siswa-siswi berkesempatan untuk foto bersama dengan Bupati Semarang yaitu Bapak Ngesti Nugraha, S.H. beserta jajarannya. “Kirab budaya kemarin sangat luar biasa menurut saya. Dengan adanya kirab budaya, para masyarakat bisa lebih mengenal tentang budaya sekitar dan juga dapat melestarikan kesenian budaya tersebut agar tidak punah seiring jalannya waktu,” ujar Nurul Istiqomah, siswi kelas X (sepuluh) Jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT).

 

Penulis : Riska Alviani, S.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang