Panen Prestasi! SMKN 3 Semarang Raih Juara I, II, dan III Kejuaraan Tingkat Kota/Kabupaten

Prestasi berasal dari bahasa Belanda, yaitu prestatie yang berarti hasil dari usaha. Prestasi diperoleh dari usaha yang telah dilakukan. Prestasi dapat dicapai dengan mengandalkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual, serta ketahanan dalam menghadapi situasi di semua bidang kehidupan.

Menurut Winkel(1989), prestasi  belajar adalah hasil dari pembelajaran yang ditampilkan oleh siswa berdasarkan kemampuan internal yang diperoleh sesuai dengan tujuan instruksional. Dapat disimpulkan bahwa istilah prestasi adalah hasil dari upaya yang dilakukan oleh seseorang.

Untuk menjadi sukses, semua orang harus menghadapi tantangan mereka sendiri (seperti bakat, potensi, kecerdasan atau intelektual, minat, motivasi, kebiasaan, emosi, kesehatan dan pengalaman pribadi) dan orang-orang dari lingkungan (seperti tetangga, keluarga, sekolah, komunitas, fasilitas dan infrastruktur, fasilitas, nutrisi dan perumahan). Sekolah dalam peranannya tentu menjadi fasilitator penggerak bakat & minat siswa-siswinya dalam menemukan jati diri dan mencetak lulusan yang kompeten.

SMKN 3 Semarang merupakan sekolah pusat keunggulan yang dalam prosesnya terus-menerus membuktikan bahwa misi sekolah yaitu mengembangkan bidang ilmu pengetahuan, riset, dan teknologi terkini berdasarkan minat, bakat, dan potensi peserta didik bukanlah sekedar kalimat belaka. Awal tahun sampai dengan bulan Maret ini, berbagai macam prestasi berhasil diraih oleh putra-putri terbaik SMKN 3 Semarang, diantaranya yaitu :

  1. Juara I LKS tingkat Kota Semarang Bidang Lomba Cad Building
  2. Juara II LKS tingkat Kota Semarang Bidang Lomba Electrical Instalation
  3. Juara II LKS tingkat Kota Semarang Bidang Lomba Plumbing & Heating
  4. Juara III tingkat Kota Semarang Ajang Siji Futsal Competition
  5. Juara III tingkat Kab. Kendal dan Sekitarnya Ajang Brotherhood Cup I Futsal Competition

Semoga membambah motivasi bagi yang lain untuk terus mengembangkan diri dan berprestasi. Selamat kepada para juara, pertahankan prestasimu ! SMKN 3 Jitu !

Penulis : Humas SMKN 3 Semarang.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.