SMK N 8 Semarang Dampingi Lansia Melukis "Tote Bag"

Ada banyak masalah kesehatan yang dialami oleh orang yang sudah lanjut usia terutama yang berkaitan dengan memori. Sangat mudah lansia untuk melupakan sesuatu karena pikun atau bahkan depresi karena kondisi tubuhnya yang sudah tidak lagi kuat seperti saat masih muda. Tentu hal ini harus diatasi dengan cara yang tepat dan menyenangkan untuk lansia tersebut. Menggambar dan melukis ternyata banyak juga dijadikan sebagai terapi khusus bagi para lansia untuk meminimalisasi depresi hingga kemungkinan dimensia.

Oleh karena itu,  Jurusan Layanan Kesehatan (LK) SMK N 8 Semarang memfasilitasi hal tersebut dengan kegiatan bertajuk “Aktivity Melukis Tas (Tote Bag) Bersama Lansia” yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 10 Maret 2023. Kegiatan tersebut diikuti oleh para lansia yang memang sudah tergabung dengan komunitas lansia yang aktif didampingi oleh Jurusan LK SMK N 8 Semarang.

Bertempat di Wolu Senior Hotel (WSH) SMK N 8 Semarang, kegiatan melukis bersama lansia tersebut didampingi oleh Tim Activity dan siswa Layanan Kesehatan SMK N 8 Semarang. Tampak para lansia sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua Kompetensi Keahlian Layanan Kesehatan, Bp. Tony Norcahyo, S.Pd. dalam wawancara mengungkapkan,  “Perubahan daya ingat dan fungsi tubuh tentunya sudah menjadi hal yang lumrah terjadi pada setiap orang yang sudah memasuki masa tua dengan bertambahnya usia. Namun adanya kondisi tersebut tidak serta merta bisa diterima oleh siapa saja. Terkadang hal ini juga menimbulkan kondisi mudah marah, stres, hingga berbagai perasaan lainnya. Sehingga melukis akan membantu untuk mengurangi efek dari pikiran atau perasaan tersebut pada seorang yang lanjut usia.”

“Dengan melukis dan menggambar maka lansia bisa mengasah kembali ingatannya dan menjadi terapi otak yang sangat bermanfaat. Perlahan-lahan dengan terapi ini terus dilakukan maka lansia tersebut bisa lebih baik perasaannya karena dapat mengekspresikan diri melalui lukisan yang dibuat. Sehingga para lansia ini bisa merasa lebih tenang dan nyaman menjalani hari-harinya,” ungkap Bp. Tony menambahkan.

 

Berita ini juga dapat dibaca di

http://smkn8semarang.sch.id/berita-332-smk-n-8-semarang-dampingi-lansia-melukis-tote-bag.html

Penulis : Yemi M. Arbi, S.Pd. – Guru SMK N 8 Semarang

Editor : Tim Web SMK N 8 Semarang