Hak Istimewa SMA Negeri 16 Semarang dalam Mengikuti Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Gelombang I Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah

Sesuai surat edaran dari  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dengan nomor 041/440 perihal Permohonan Peserta Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Gelombang I berserta lampiran yang terdaftar, SMA Negeri 16 Semarang tidak disebutkan untuk mengikuti acara tersebut. Dengan Hak Istimewa dari panitia penyelenggara pada akhirnya SMA Negeri 16 Semarang dapat mengikuti acara Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Gelombang I yang diikuti oleh Kepala Perpustakaan dan Pengelola Perpustakaan. Acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelola Perpustakaan Gelombang I diikuti oleh kurang lebih 400 peserta dari seluruh kota kabupaten Provinsi Jawa Tengah, dengan rincian perpustakaan sekolah, perpustakan umum dan perpustakaan khusus. Acara Bimtek dilaksanakan secara daring dimulai tanggal 7 – 9 Maret 2023.

Acara dimulai dengan registrasi peserta, kemudian pembukaan acara yang dipandu oleh moderator Christiva Gettasari, S.Sos. Terdapat Pre Test sebelum masuk pada materi pertama. Pre Test tersebut bertujuan untuk mengetahui pengetahuan umum peserta Bimtek tentang perpustakaan. Prihestu Hartono,S.Pd, M.Si., selaku pemateri pertama dengan materi pengantar perpustakaan menjabarkan pengertian perpustakaan menurut UU No 43 Tahun 2007 dilanjutkan dengan dasar pelaksanaan, peran perpustakaan, dan upaya penguatan perpustakaan sekolah. Materi selanjutnya tentang Administrasi Bahan Perpustakaan oleh Diana Nugraheni, S.Sos., menerangkan detail administrasi teknis pengolahan pada bahan perpustakaan dari jenis stempel identitas, buku inventaris, kantong kartu buku, kartu buku, lembar tanggal kembali, label buku, dan statistik perpustakaan.


Bambang Haryanto, S.Sos., selaku moderator langsung mempersilahkan pemateri selanjutnya yaitu Drs. Bambang Agus Pamuji untuk menerangkan materi tentang klasifikasi. Pada materi klasifikasi ini berisi tentang pengertian, tujuan, manfaat klasifikasi, penggunaan DDC dan menentukan tajuk subjek pada bahan koleksi. Dalam penentuan tajuk subjek pada bahan koleksi bisa dari judul buku/ daftar isi/ bibliografi untuk dapat dicarikan penomoran pengelompokan koleksi dalam DDC (Dewey Decimal Clasification). Tri Widiyanti, S.S., sebagai pemateri selanjutnya membagikan materi Katalogisasi. Dilanjut materi Layanan Perpustakaan oleh Dra. Berti Soraya, M.Sos.

Pada hari terakhir, kegiatan diisi materi otomasi perpustakaan oleh R. Trisno Budiasri, S.Sos., kemudian dilanjutkan Pelestarian Bahan Pustaka oleh Sri Hayati, S.Sos., setelah itu Pengembangan Minat Baca oleh Novi Andriani, SH, MH., dan yang terakhir Kompetensi Pengelola Perpustakaan dalam Mendukung Pengembangan Perpustakaan oleh S.P. Andriani S,SH. Sebelum Bimtek ditutup, peserta mengerjakan Post Test untuk mengetahui seberapa dalam pemahaman peserta dalam menerima materi Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Gelombang I dan acara ditutup oleh S.P. Andriani S, SH.

Penulis : Fajar Firdaus, S.Hum, M.Si., Pengelola Perpustakaan SMAN 16 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.