SMAHA Family: Awali Semangat Pagi dengan Mengaji

Senin, 27 Maret 2023 merupakan hari pertama masuk sekolah di Bulan Ramadhan 1444H. Siswa, guru, maupun karyawan SMAHA terlihat memiliki semangat yang membara untuk melaksanakan aktivitas akademik kembali setelah kurang lebih libur lima hari.

SMAHA memiliki berbagai macam program kegiatan untuk mengisi bulan Ramadhan, baik kegiatan untuk siswa, guru, maupun karyawan. Tentunya kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mencari pahala dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Salah satu kegiatan yang diterapkan oleh guru dan karyawan yaitu mengaji dan kulma. Kegiatan tersebut sesuai dengan sabda Nabi Muhammad ﷺ “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat. Berkisahlah tentang Bani Israel dan tidak apa-apa. Barangsiapa berdusta atas namaku, maka bersiaplah mendapatkan kursinya dari api neraka.” (HR Bukhari).

Setiap guru maupun karyawan akan mendapatkan giliran memimpin ngaji dan kulma. Kegiatan tersebut dilaksanakan di pagi hari, sebelum melaksanakan kegiatan akademik. Kegiatan ini akan dilaksanakan rutin setiap hari selama Ramadhan.

Semua guru dan karyawan SMAHA berkumpul di aula pada pukul 07.30. Untuk hari pertama ini, kegiatan mengaji dipimpin oleh Ustadz Farid. Sedangkan untuk petugas kulma yaitu Bapak Suherianto, S.Kom., atau yang akrab disapa Pak Suhe. Dalam kulmanya, Pak Suhe mengingatkan semua hadirin di aula untuk berlomba-lomba mencari pahala dan penilaian yang baik di mata Allah. “Dalam kehidupan sehari-hari tentunya ada kompetisi yang pernah kita ikuti. Pasti kita berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik demi mendapatkan penilai yang tebaik dari manusia. Maka dari itu, jika yang menilai manusia saja kita berlomba-lomba untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka jika yang menilai Allah kita harus lebih semangat dalam mempersiapkan semuanya. Allah sudah memberikan juknis penilaian di Al Quran. Mari kita perhatikan dan jalankan juknis tersebut”, tambah Pak Suhe.

Hari kedua, Selasa 28 Maret 2023, kegiatan mengaji dipimpin oleh Ustadz Nanang. Sedangkan untuk petugas kulma yaitu Bapak Muwahidin, S.Pd. Beliau menyampaikan kulma yang singkat, namun pesan yang disampaikan sangat mendalam. Dalam kulmanya, Pak Wahid menjelaskan tentang sabar dan syukur. “Ibarat buah semangka yang dibelah, separuh bagian itu adalah sabar. Sedangkan setengah bagian sissnya adalah syukur. Sabar merupakan 1/2 dari iman. 1/2 dari sabar adalah puasa. Maka dari itu puasa merupakan salah satu ibadah yang sangat istimewa karena melatih kita untuk bersabar. Orang yang sabar akan mendapat pahala yang tak terhingga dari Allah”, tambah Pak Wahid.

Kegiatan mengaji dan kulma diakhiri pukul 07.45. Semua guru dan karyawan SMAHA meninggalkan aula dan menuju ruang kerja masing-masing.

 

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.