SMAN  16 sebagai “ Kawah Candradimuka”  Mahasiswa PPL 2 PPG Prajabatan UNNES

SMA Negeri 16 meruoakan mitra dari Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi ( LP3 )UNNES. Selasa, 14 Maret 2023 telah terlaksana kegiatan penerimaan mahasiswa PPL dua PPG Prajabatan gelombang satu. Sebanyak sebelas mahasiswa diterjunkan oleh LP3 UNNES, yang terdiri dari tiga mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia, tiga mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi, tiga mahasiswa berikutnya dari jurusan PJKR, serta dua mahasiswa dari jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Gelombang satu Universitas Negeri Semarang akan melaksanakan kegiatan PPL 2 terhitung tanggal 13 Maret  sampai dengan 16 Juni 2023.

Acara penerjunan secara seremonial dilaksanakan di Laboratorium Biologi SMA Negeri 16 Semarang pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan penerjunan ini dihadiri oleh Kepala SMA Negeri 16 Semarang, Ibu Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd., didampingi Bapak Sunarno, S.Pd., selaku Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Ibu Trini Sri Sugiyanti, S.Th., selaku Wakil Kepala sekolah Bidang Kesiswaan,  Bapak dan Ibu Guru Pamong yang terdiri dari Bapak Subchan, S.Pd., selaku Guru pamong Mapel Bahasa Indonesia, Bapak Agung Joko S, S.Pd., selaku Guru pamong Mapel OlahRaga, Bapak Setyo Haryono, S.Pd, M.Pd, selaku Guru pamong Mapel Biologi dan Ibu UmiRahmawati, S.Pd, M.Si., selaku Guru pamong mapel Kimia , serta, Bapak DR. Sigit Sapto, selaku Koordinator Dosen Pembimbing Lapangan.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjut sambutan sekaligus penyerahan mahasiswa PPL PPG kepada SMA negeri 16 Semarang oleh Koordinator Dosen Pembimbing Lapangan Bapak DR. Sigit Sapto. Dalam sambutanyadisampaikan permohonan agar Kepala Sekolah dan guru pamong dapat membimbing mahasiswatersebut selama menjalankan PPL di SMA Negeri 16 Semarang.

epala SMA Negeri 16 Semarang, Ibu Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd , memberikan sambutan sekaligus secara resmi menerima sebelas mahasiswa PPL dua PPG Prajabatan gelombang satu. IbuSri Wahyuni, SPd., M.Pd., menyampaikan terima kasih karena sudah bekerjasama dengan SMA Negeri 16 dalam pelaksanaan PPL PPG Prajabatan. Semoga mahasiswa PPG dapat  semakin kuatdalam penguasaan empat kompetensi guru sebagai calon guru profesional. Dalam sambutannya, Ibu Sri Wahyuni,S.Pd, M.Pd menyampaikan pesan kepada mahasiswa dalam melaksanakan PPL tidak hanya sekedar menyusun perangkat dan melaksanakan praktik mengajar tetapi juga belajardan menggali ilmu yang lainnya di SMA Negeri 16, salah satunya ilmu kemanajerialan danadministrasi sekolah , mendampingi kegiatan ektrakurikuler serta melaksanakan penelitiantindakan kelas ( PTK ) dengan memaksimalkan lima siklus.

Kegiatan penerjunan dan sekaligus penerimaan mahasiswa PPL PPG prajabatan ini ditutupdengan doa yang dipandu oleh Bapak Zainal Arifi, M.Pd., dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Penulis : Umi Rahmawati, S.Pd, M.Si., Guru SMA Negeri 16 Semarang.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.