SMK Binusa Gelar Istighosah & Doa Bersama Menjelang Ujian

SMK Bina Nusantara Semarang melaksanakan Doa Bersama dan Istighosah menjelang Ujian Sekolah dan Ujian Kompetensi Keahlian. Doa bersama secara rutin dilakukan setiap tahun menjelang pelaksanaan rangkaian ujian kelas XII yang dilaksanakan pada Jumat, 17 Maret 2023, di aula sekolah. Seluruh peserta doa bersama adalah peserta didik kelas XII kompetensi keahlian TKJ, TBSM, Tata Busana dan AKL yang didampingi oleh wali kelas dan dewan guru. Rangkaian kegiatan dimulai dengan doa pembuka acara dan dilanjutkan dengan sambutan dari kepala sekolah Bina Nusantara Semarang, Bapak Ari Dwi Handoko, S.Pd. Beliau menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk berdoa bersama-sama, bermunajat kepada Allah SWT demi suksesnya penyelenggaraan Ujian Sekolah dan Ujian Kompetensi Keahlian agar peserta didik mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Mulai tanggal 14 sampai 17 Maret 2023 seluruh siswa kelas XII akan menghadapi ujian kompetensi keahlian (UKK) dan masih ada beberapa ujian sekolah yang harus diikuti peserta didik kelas XII. Oleh karena itu saya berharap dengan berdoa dan berdzikir, Allah SWT memberikan yang terbaik untuk SMK Bina Nusantara,” ungkapan Bapak Ari Dwi Handoko, S.Pd. dalam sambutannya. Tentunya harapan beliau semua peserta didik dapat lulus seratus persen. Selepas sambutan Kepala Sekolah, Bapak Kyai Haji Nur Hamid dari Kendal memimpin istighosah  dengan mengungkapkan, “Untuk menjadi orang yang berhasil tentunya banyak sekali ujian, tidak hanya ujian sekolah yang akan kalian hadapi, namun yang paling penting adalah ujian hidup agar selamat di dunia dan akhirat. “Oleh karena itu marilah kita berdoa dan berdzikir bersama, menengadahkan tangan, memohon pertolongan kepada Allah SWT agar segala ujian yang kita hadapi dapat kita jalani dengan mudah serta ada dalam lindungan-Nya.” Begitulah ajakan disampaikan oleh Bapak Kyai Haji Nur hamid sebelum semuanya bershalawat dan berdzikir.

Acara dilanjutkan dengan untaian pesan puisi seorang ibu dan ayah untuk sang anak yang dibacakan oleh Ibu Kafidatul Islamiyah, S.Sos. dan Al Hayu Maryam seorang siswi XI TKJ. Kemudian pemberian motivasi oleh Ibu Ida Fahru Roziyah, S.Pd. Kegiatan doa bersama dan istighosah berjalan dengan hikmat dan lancar. Suasana tangis dan haru dari peserta didik kelas XII ketika sungkeman dengan bapak ibu guru untuk memohon maaf serta doa restu semoga berakhir dengan kabar gembira di pengumuman kelulusan mendatang.

 

Penulis : Ida Fahru Roziyah, S.Pd., Guru SMK Bina Nusantara Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang