SMKN 10 Semarang ikuti Festival Dermaga KRI Dewa Ruci Menyapa Warga

Semarang, 22 Maret 2023 – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semarang menggelar festival Dermaga atau KRI Dewaruci Menyapa Warga atau Wisata Bahari Naik kapal Dewa Ruci” di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Festival ini diselenggarakan secara gratis untuk warga sebagai sarana edukasi dunia bahari melalui kapal perang sekaligus mengenalkan kapal latih legendaris KRI Dewaruci buatan tahun 1953 itu.

SMK 10 Semarang khususnya jurusan NKN ( Nautika Kapal Niaga) turut berpartisipasi dalam festival Dermaga untuk sarana edukasi dunia bahari. Siswa-siswi SMK 10 Semarang terlihat antusias mengikuti festival ini dan banyak yang mengambil foto di sekitar kapal KRI Dewaruci. “Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi kami untuk bisa melihat kapal perang legendaris ini secara langsung. Kami bisa mempelajari banyak hal tentang dunia bahari dan kapal perang dari kegiatan ini,” ujar salah seorang siswa SMK 10 Semarang.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi, M.Tr. Hanla., M.M, mengatakan bahwa dalam festival ini, warga bisa melihat-lihat bagian kapal dan menyaksikan keseharian Taruna TNI Angkatan Laut yang berada di kapal latih.

“Harapan dari kegiatan ini adalah kapal legendaris milik TNI Angkatan Laut KRI Dewaruci dibuka untuk umum dalam gelaran festival Dermaga atau Dewaruci menyapa warga di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Festival yang di prakarsai oleh pangkalan TNI Angkatan laut Semarang ini merupakan salah satu upaya mendekatkan TNI dengan masyarakat yang diharapakan bisa memahami lebih dalam tentang dunia bahari dan dapat mengenal kapal-kapal bersejarah milik bangsa Indonesia, seperti KRI Dewaruci dan kapal perang lainnya,” jelas Kolonel Marinir Hariyono.

Festival Dermaga KRI Dewaruci ini dihadiri oleh ratusan warga dan siswa -siswi sekolah di Semarang yang antusias mengunjungi kapal perang legendaris tersebut. Diharapkan, melalui kegiatan ini, masyarakat dapat semakin memahami pentingnya menjaga laut dan menghargai kapal-kapal bersejarah milik bangsa Indonesia.

Penulis : Aris Guntoro, S.Sn.
Editor   : Tim Humas SMKN 10 Semarang