Sosialisasi Pemilu Tahun 2024 dan Pemberian Fasilitas Perekaman Data Kependudukan Kepada Pemilih Pemula di SMA Negeri 1 Bringin

Bringin, 29 Maret 2023 – Tim KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Semarang yang bekerjasama dengan Tim Disdukcapil Kabupaten Semarang mengadakan Sosialiasasi Pemilu Tahun 2024 kepada siswa-siswa SMA Negeri 1 Bringin. Sosialisasi ini diberikan kepada siswa SMANSABRI yang telah berusia 16 tahun ke atas. Selain itu, Tim Disdukcapil Kabupaten Semarang memberikan fasilitasi perekaman data kependudukan kepada Bapak-Ibu Guru dan Karyawan SMA Negeri 1 Bringin serta siswa-siswi SMA Negeri 1 Bringin yang sudah berusia 16 tahun keatas.

Kegiatan Sosialisasi Pemilu Tahun 2024 oleh Tim KPU Kabupaten Semarang ini dilaksanakan di GSG (Gedung Serba Guna) SMA Negeri 1 Bringin. Kegiatan dibuka dengan sosialisasi oleh Ibu Tri Yuniarti Retno Kristyaningsih, S.Pd. selaku Kepala SMA Negeri 1 Bringin, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan doa pembukaan dan menyanyikan bersama jingle Pemilu 2024 MC oleh Ibu Linda (perwakilan KPU Kabupaten Semarang) sebagai MC dalam acara sosialisasi. Setelah acara pembukaan sosialisasi selesai, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ketua KPU Kabupaten Semarang, Bapak Maskup Asyadi tentang Pemilu 2024 dan setelah pemaparan materi oleh beliau dilanjutkan dengan penyerahan Maskot Pemilu 2024 secara simbolis oleh Bapak Maskup Asyadi. Beliau menjelaskan tentang sepasang boneka maskot Pemilu 2024 yang diberi nama “Sura” dan “Sulu” kepada pihak sekolah melalui Ibu Kepala SMA Negeri 1 Bringin, dimana sepasang maskot Pemilu 2024 ini memiliki makna “Sura” yaitu “Suara Rakyat dan “Sulu” yaitu “Suara Pemilu”.

Acara selanjutnya yaitu pemaparan materi “Demokrasi Sarana Integrasi Bangsa” oleh Bapak Bambang Setiyono, S.H., selaku komisioner KPU divisi rendatin Kabupaten Semarang. Selama sosialisasi berlangsung, siswa-siswi sangat antusias untuk bertanya banyak hal tentang Pemilu kepada para narasumber dari Tim KPU Kabupaten Semarang. Setiap siswa-siswi yang berani untuk maju ke depan diberikan hadiah dari Tim KPU Kabupaten Semarang. Setelah acara sosialisasi selesai, dilanjutkan fasilitasi perekaman data kependudukan kepada pemilih pemula yaitu siswa-siswi SMA Negeri 1 Bringin beserta Bapak-Ibu Guru dan Karyawan SMA Negeri 1 Bringin di Laboratorium Fisika oleh Petugas dari Disdukcapil Kabupaten Semarang. Fasilitasi perekaman data kependudukan yang diberikan oleh Tim Disdukcapil Kabupetan Semarang antara lain pelayanan foto, pembuatan tanda tangan digital, dan pembuatan e-KTP melalui aplikasi “Identitas Kependudukan Digital” yang dapat didownload melalui playstore, dengan adanya Tim Disdukcapil ke SMA Negeri 1 Bringin memberikan kemudahan kepada Bapak-Ibu Guru dan Karyawan serta siswa-siswi SMA Negeri Bringin dalam memperoleh e-KTP melalui aplikasi yang sudah diberikan oleh Pemerintah.

Penulis : Meilita Nindyasari, S.Pd. , Guru SMA Negeri 1 Bringin.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.