SMAN 1 Bringin Memulai Pesta Panen Sayur Budidaya P5 Gaya Hidup Berkelanjutan

 Minggu lalu kelompok budidaya jamur telah berhasil melakukan panen perdana dari kegiatan P5 tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”. Kemudian, pada hari Jum’at, 31 Maret 2023 kelompok budidaya sayur pakcoy juga berhasil panen untuk pertama kalinya. Kelompok sayur pakcoy ini digawangi oleh 9 Siswa dari kelas X4 dengan guru pembimbing Ibu Denti Meiningsih, S.Pd. Budidaya sayur pakcoy ini tidak menggunakan media tanah melainkan dengan teknik hidroponik.

Media tanam dengan hidroponik ini merupakan sesuatu yang familiar bagi siswa secara pengetahuan, akan tetapi sedikit para siswa yang sudah mempraktikan secara langsung. Melalui kegiatan P5 tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” kali ini, terhitung sukses membuat para siswa antusias mengenal lingkungan dan memanfaatkan dengan berbagai cara baru. Hidroponik yang digunakan di SMA N 1 Bringin ini merupakan hidroponik NFT (Nutrient Film Technique). Pada sistem ini paralon diatur dengan sedemikan rupa, sehingga sebagian akar tanaman terendam dalam air yang telah diberi nutrisi tanamandari sampah organik, sebagian lagi di atas permukaan air, yang bersirkulasi selama 24 jam terus menerus.

Pemilihan sayur pakcoy ini dirasa tepat, karena tanaman pakcoy merupakan salah satu tanaman yang mudah hidup dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti, vitamin A, vitamin E, folat dan lain sebagainya. Selain pakcoy pada media tanam hidroponik ini juga ditanami selada yang perkiaraan dapat di panen pada hari Senin besok. Panen perdana sayur pakcoy kali ini kurang lebih menghasilkan 1 kg yang kemudian secara langsung dibeli oleh beberapa ibu guru sebagai wujud apresiasi atas berhasilnya panen perdana. Melihat beberapa kapling budidaya tanaman sudah mulai panen, tentunya membuat para siswa lain semakin antusias merawat setiap kapling masing-masing.

Penulis : Indana Mash,atur Rifqoh, S.Pd., Guru SMAN 1 Bringin.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd.,Guru SMA Islam Hidayatullah.