RAWR (Ramadan with ROHIS SMAHA) 


Memasuki Bulan Ramadan 1444 H, kita berkesempatan untuk  mencari pahala sebanyak mungkin dengan berbagai kegiatan seperti puasa, zakat, shalat sunah, dan masih banyak lagi. Selain itu, kita juga bisa mengisi kegiatan dengan berbagi ilmu pengetahuan mengenai Islam. Maka dari itu, Rohis SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) mengadakan kegiatan Kafilah  Dakwah.

Kafilah dakwah merupakan sarana kegiatan yang dilakukan Rohis SMAHA untuk mengembangkan kemampuan serta sarana untuk berdakwah di lingkungan masyarakat. Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan yang dilaksanakan ketika bulan Ramadhan.

Rohis mengadakan kegiatan Kafilah Dakwah tahun ini di SMP maupun TPQ yang berada di sekitar Kecamatan Banyumanik. Tempat yang dituju dalamKafilah Dakwah tahun ini yaitu SMPN 26, SMPN 10, SMPN 21, dan SMP Islam Hidayatullah Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan selama beberapa hari.

Tujuan dari Kafilah Dakwah ini yaitu untuk memberikan pemahaman yang benar tentang makna Ramadan sebagai wadah upaya untuk meningkatkan kualitas keimanan, menumbuhkan rasa ukhuwah islamiyah yang tinggi, dan syiar SMA Islam Hidayatullah kepada masyarakat sekitar.

Tema kafilah dakwah yang diangkat pada tahun ini yaitu RAWR (Ramadhan With Rohis). Pada tanggal 28-29 Maret 2023, Rohis SMAHA sudah melakukan kafilah pertama di SMPN 26 Semarang, mulai pukul  08.00-11.30 WIB. Dalam dua hari tersebut kegiatan kafilah dakwah dimulai dengan pembukaan kemudian dilanjutkan perkenalan dan pembawaan materi. Kemudian dilanjutkan dengan ice breaking, quiz, dan pembagian doorprize. Kegiatan diakhiri dengan penutupan. Materi yang disampaikan setiap harinya berbeda seperti Tujuan Puasa Ramadhan, Hal yang Merusak Pahala Puasa, Keistimewaan bulan Ramadhan, Amalan di bulan Ramadhan.

“ Alhamdulillah, Terima kasih atas ilmu yang sudah kakak-kakak Rohis SMAHA share ke adik-adik SMPN 26. Selama kegiatan kafilah dakwah rohis 2 hari di 26 anak sangat antusias dan semangat dalam menjalani kegiatan pesantren ramadhan karena pembawaan acara yang di kemas dengan asyik dan menarik serta tidak membosankan karena di sela-sela materi anak-anak di kasih ice breaking dan kuis. ” tutur Guru SMPN 26 Semarang.

Penulis : Farah Nurina & Elok Narulita, Siswi SMA Islam Hidayatullah.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.