Sosialisasi Ausbildung di SMK Negeri 8 Semarang

Ausbildung merupakan salah satu alternatif belajar lanjutan setelah lulus sekolah dan menjadi salah satu cara untuk menggapai pekerjaan impian di Jerman. Hal ini dilakukan dengan cara mengikuti pelatihan kejuruan atau biasa disebut Vocational Training.

Program ini biasanya berlangsung selama 2.5 tahun sampai dengan 3 tahun yang terdiri dari praktek dan teori. Saat mengikuti program tersebut, peserta akan belajar selama dua minggu atau lebih tentang Teori (Berufschule atau vocational school) yang kemudian di ikuti dua minggu atau lebih praktek. Hal ini tentu saja tergantung dari tempat di mana melakukan Ausbildung.

Ausbildung biasanya di mulai pada 1 Agustus atau 1 September setiap tahunnya. Ausbildung terdiri dari pelatihan di tempat kerja/perusahaan dam belajar teori di sekolah kejuruan atau disebut juga Berufsschule. Pelajaran yang dipelajadi di Berufsschule termasuk bahasa inggris, studi jerman, dan sosial. Sekitar dari dua pertiga kelas berfokus pada mata pelajaran yang dikhususkan pada tempat yang digunakan bekerja.

Penjelasan lengkap mengenai Ausbildung tersebut disampaikan langsung oleh tim yang terdiri dari Bapak Kadrul Adhi, Bapak Indra Irwan dan Bapak Sri Sugianto pada hari Senin, 03 April 2023 bertempat di Aula SMKN 8 Semarang.

Kegiatan yang bertajuk “Sosialisasi Ausbildung” tersebut, bertujuan untuk mempersiapkan program pemerintah Jerman berupa Ausbildung yaitu program belajar dan bekerja di industri jerman. Dengan diikuti oleh kurang lebih 900 siswa kelas X, XI, XII dan XIII, sosialisasi tersebut dibagi menjadi 3 sesi. Tampak peserta mengikuti dengan antusias, hal tersebut ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang bertanya tentang program Ausbildung tersebut.

Berita ini dapat juga di baca pada tautan

http://smkn8semarang.sch.id/berita-338-sosialisasi-ausbildung-di-smk-negeri-8-semarang.html

Penulis : Yemi M. Arbi, S.Pd. – Guru SMK N 8 Semarang

Editor : Tim Web SMK N 8 Semarang