SMAHA Berbagi Kebahagiaan di Rumah Lansia dan Pondok Santri

Social Care merupakan salah satu kegiatan sosial untuk saling berbagi rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Melalui  kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi akan pentingnya peduli terhadap sesama.

SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) memiliki banyak kegiatan rutin setiap tahunnya, salah satunya adalah Social Care. Melalui kegiatan tersebut, SMAHA berbagi sedikit rizqi serta kebahagiaan kepada saudara-saudara yang membutuhkan.

Melengkapi kebahagiaan di momen Ramadan 1444H ini, kegiatan Social Care dilaksanakan di dua tempat, yaitu di rumah pelayanan sosial lanjut usia dan pondok santri Alfisalam Qur’any. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin, 10 April 2023 ini dihadiri oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, perwakilan guru, perwakilan pengurus komite sekolah, dan perwakilan kelas X-XI.

Rombongan Social Care SMAHA melakukan kunjungan pertama di rumah pelayanan sosial lanjut usia Provinsi Jawa Tengah yang letaknya di Pucang Gading, Semarang. Kami disambut hangat oleh para lansia di sana. Meskipun sudah berusia lanjut, para lansia tersebut memiliki semangat yang tinggi. Kami disambut dengan lagu Lansia di Dadaku yang dinyanyikan langsung oleh “mbah kakung” dan “mbah putri” di panti sosial tersebut.   Kami juga diajak berkeliling panti untuk melihat secara langsung bagaimana keadaan para penghuni panti. “Kegiatan ini merupakan bentuk silaturahmi dan berbagi kebahagiaan dari keluarga SMAHA. Semoga siswa SMAHA dapat mengambil hikmah dari kunjungan ini. Semoga apa yang kami berikan bisa membawa manfaat dan kebahagiaan bagi “mbah kakung” dan “mbah putri”, tutur Ibu Etik Ningsih, S.Pd., kepala SMAHA.

Ibu Wiwin Suryaningrum, selaku pekerja sosial menuturkan saat ini ada 105 mbah penghuni panti, yang mana 52 merupakan mbah “mandiri”, sedangkan sisanya (53) merupakan mbah yang membutuhkan “pelayanan”. Beliau juga menjelaskan kegiatan yang dilakukan lansia setiap harinya seperti bimbingan sosial, menyanyi bersama, rebana, bimbingan agama, Jumat berseih, hingga pemberian keterampilan untuk membuat makanan. “Saya sangat senang berada di sini. Selain mendapatkan banyak teman, saya juga mendapatkan kesibukan di hari tua saya. Terima kasih telah datang ke sini, semoga keluarga SMAHA diberikan kesehatan selalu”, tutur mbah Rahayu, salah satu penghuni panti sosial.

Kunjungan kedua dilakukan di pondok santri Alfisalam Qur’any yang berada di Jalan Sendang Usodo RT.03/RW.03 Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Di sana kami disambut hangat dengan sholawat. “Terima kasih kepada keluarga SMAHA karena telah datang kembali ke panti asuhan Alfisalam Qur’any. Semoga keluarga SMAHA senantiasa diberikan kemudahan dalam segala hal oleh Allah”, tutur Ustadz Salamun, selaku pembina panti asuhan Alfisalam Qur’any saat menyampaikan sambutan. Setelah itu, kami melafalkan sholawat bersama santri di sana. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian bantuan berupa sembako, makanan untuk berbuka puasa, dan kebutuhan lainnya.

Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi warga rumah pelayanan sosial lanjut usia dan pondok santri Alfisalam. Harapannya, melalui kegiatan inji dapat menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi dalam diri siswa SMAHA.

 

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.