Gema Doa Berkumandang di Bumi Grafika

Kamis, 6 April 2023, terdengar gema doa-doa yang dilantunkan oleh siswa kelas XII SMK Negeri 11 Semarang. Gema doa tersebut terdengar dari Masjid Annida dan terdengar pula lantunan doa dan lagu-lagu rohani dari ruang Laboratorium Bahasa. Hari itu merupakan hari spesial sebagai momentum siswa kelas XII untuk bermunajad dengan doa demi kelancaran kegiatan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) sebagai penanda akan berakhirnya kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 11 Semarang. Kegiatan doa bersama ini dilaksanakan di bawah koordinasi bidang kurikulum dan bidang kesiswaan. Di Masjid Annida, kepala sekolah, takmir masjid dan guru Pendidikan Agama Islam, beserta para wali kelas ikut membersamai siswa kelas XII yang beragama Islam melantunkan doa-doa dengan harapan pelaksanaan PSAJ berlangsung dengan lancar serta mendapatkan kelancaran bagi siswa yang akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, berwirausaha maupun bekerja. Kepala sekolah, Pak Drs. Luluk Wibowo, S.ST., M.T. dalam sambutannya menyampaikan bahwa doa bersama ini sebagai bagian dari ikhtiyar untuk menuju kesuksesan berikutnya.

Usai sambutan dari kepala sekolah dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin langsung Pak Nur Fahmi Arifin, S.Pd.I., selaku guru Pendidikan Agama Islam. Semua siswa secara serempak melantunkan doa-doa secara khusuk. Gema doa berkumandang layaknya gelombang yang berisi ayat-ayat suci yang mengantarkan ke langit. Doa dari siswa-siswa kelas XII yang memiliki hajat untuk meraih kesuksesan di masa sekarang dan mendatang. Usai doa, dilanjutkan tausiah oleh Pak Abdullah Munif, S.Kom. yang memberikan nasehat tentang tiga hal yang menjadi kunci keberhasilan atau kesuksesan seseorang, yaitu selalu menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT, berbakti kepada orang tua dan selalu bersedekah.

Dari ruangan yang berbeda yaitu lab bahasa, berkumandanglah gema doa dan lantunan lagu-lagu rohani dari siswa kelas XII yang beragama Kristiani (Kristen dan Katolik) didampingi oleh guru Pendidikan Agama Kristen dan Katolik, serta guru-guru lain beragama Kristiani. Dengan penuh hikmat, mereka melantunkan doa-doa yang sama demi kesuksesan siswa-siswa kelas XII dalam menempuh PSAJ dan kesuksesan ke depannya. Dalam kegiatan doa bersama tersebut siswa kelas XII mendapatkan motivasi dari Pak Herry Kristanto tentang kisah sukses Yusuf dalam meraih impiannya melalui tiga kunci kesuksesan, yakni memiliki visi yang jelas, tahan terhadap ujian dan memiliki hati yang penuh kasih. Dari dua tempat kegiatan tersebut ada satu point penting yang bisa dipetik untuk menuju kesuksesan sebagai perwujudan doa-doa yakni membersihkan hati dan mengisinya dengan cinta kasih. Inilah yang terjadi di SMK Negeri 11 Semarang, gema doa dilantunkan secara bersama-sama untuk membentuk energi positif dengan harapan terkabulnya doa-doa menuju kesuksesan bersama.

 

Penulis            : Diyarko, Guru SMKN 11 Semarang

Editor             : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang