Kementerian Agama RI Lakukan Monitoring & Evaluasi  Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir PAI di SMAN 2 Semarang

Pejabat Subdit PAI pada SMA/SMK/SMALB Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI, Solla Taufik, S.H.I., didampingi pejabat dari Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Jawa Tengah melaksanakaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan asesmen sumatif akhir mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 2 Semarang, Senin 3 April 2023. Monitoring dan evaluasi ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kesiapan peserta didik dalam mengikuti asesmen sumatif tersebut.  Kegiatan Monev SMAN 2 Semarang diterima Kepala Sekolah, Drs. Wiharto, M.Si. dan didampingi sejumlah Wakil Kepala Sekolah dan Guru PAI.

Pada kesempatan tersebut Drs. Wiharto, M.Si. menyampaikan, “Sistem ujian dilaksanakan berbasis kertas menggunakan lembar jawab computer (LJK). Naskah soal disusun oleh mandiri oleh guru PAI dengan mempertimbangkan naskah soal dari MGMP PAI SMA Provinsi Jawa Tengah, serta dalam ruangan ujian ditempatkan 2 orang pengawas ujian.” Solla Taufik mengingatkan bahwa pelaksanaan asesmen ini bukan hanya sekadar seremonial penilaian, namun juga perlu mengevaluasi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik. Pada akhirnya bisa dijadikan sebagai evaluasi tindak lanjut pada pembelajaran PAI bagi guru dan sekolah secara berkelanjutan. Sekaligus ada masukan bagi pemerintah pusat agar program-program selanjutnya dapat berdampak positif yang lebih luas lagi.

Hal berbeda disampaikan salah satu pejabat Kanwil Kemenag Jateng, Dasiri, “Kegiatan monitoring dilakukan secara random dan SMAN 2 Semarang terbukti telah mempersiapkan asesmen sumatif akhir ini dengan baik. Buktinya, dokumen-dokumen yang terkait dengan monev dan pelaksanaan tersaji dengan lengkap.” Kesimpulan umum pelaksanaan asesmen sumatif akhir mapel PAI di SMAN 2 Semarang dapat dikatakan berjalan dengan aman dan lancar. Dengan terlaksananya kegiatan asesmen sumatif akhir mapel PAI, Kemenag RI telah melaksanakan penjaminan mutu. Drs. Wiharto, M.Si. berharap semua siswa dapat menyelesaikan asesmen dan lulus dengan memiliki pengalaman atas nilai-nilai agama beserta amaliyah sehari-hari.

 

Penulis         : Ahmad Taufik, S.Pd.I., M.Pd., Guru SMAN 2 Semarang

Editor           : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang