SMAN 16 Semarang Ikuti Training Effective Coaching 2023  “Tanggapi dengan Empati”

Kamis 16 Maret 2023, guru Bimbingan dan Konseling  SMP, SMK, SMA, dan SLB mengikuti kegiatan Training Effective Coaching. Kegiatan yang menggunakan modul Interpersonal Realationship Skills, Your Communicatian Style VS Student Style Coaching Tecniques tersebut dilaksanakan di Hotel Grasia Jalan S.Parman 29 Kota Semarang.

Kegiatan ini menghadirkan fasilitator yaitu Bapak Caach Kelana (Fasilitator BWA Corporate University). Kegiatan Training ini diselenggarakan oleh BWA Corporate University dan dibuka oleh ketua panitia pukul 09.00 WIB. Sebelum kegiatan dimulai, peserta menandatangani daftar hadir dan dilanjutkan sesi materi.

Coaching merupakan metode untuk mencapai tujuan yang diinginkan coach melalui dialog membantu untuk memantabkan tujuan dengan benar menemukan cara terbaik untuk mencapai tujuan. Dalam kegiatan Training tersebut  guru Bimbingan dan Konseling  diberi kesempatan untuk praktik coaching.

Masing-masing peserta mencari pasangan untuk melaksanakan praktik secara bergantian.  Dalam praktik coaching masing-masing mengungkapkan masalah secara bergantian, yang berperan sebagai coach akan bertanya sampai tujuan tercapai dan mendapat solusi.   Pada saat praktik, kami didampingi oleh tim yang akan meluruskan apabila ada yang salah atau tidak pas dalam bertanya.  Dalam praktik disarankan couch tidak mengatakan bagaimana mencapai kesuksesan atau memberi solusi, akan tetapi mengajukan pertanyaan untuk menemukan jalan mencapaitujuan /solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi .

Pengalaman praktik coaching bagi Guru Bimbingan dan Konseling mempunyai tambahan ilmu tentang percakapan coaching yang biasa kami terapkan pada layanan konseling perorangan. Percakapan Coaching : Listen Carefully / Dengarbaik-baik ( Jangan berasumsi tentang apa diucapkan, berempati, Refiksikan dan mengekpresikan diri denganbahasa anda ), Respond Thoughtfully/tanggapi dengan serius ( Tentang pengungkapan jawaban melalui pertanyaan, keterbukaan dan eksplorasi dengan powerful, Resist Imposing Your Own Solution ( Jangan Memaksakan solusi anda sendiri, ada saatnya untuk mengarahkan atau memberi jawaban, melatih percakapan adalah tentang pembelajaran orang lain bukan tentang pendapat atau keahliaan anda.  Kegiatantraining sangatlah bermanfaat bagi kami guru bimbingan dankonseling dalam melaksanakan layanan konseling bagi siswa.

Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih untuk penyelenggara. Kegiatan  diakhiri pukul 15.00 WIB dengan  sesi foto bersama dan pada hari berikutnya kami mendapatkan sertifikat dari pihak penyelenggara yang diantar kesekolah masing-masing.

Penulis : Dra. Sri Lestari., Guru SMAN 16 Semarang.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.