Pesantren Kilat SMK Negeri 3 Semarang Bulan Ramadhan 1444 H

Pesantren kilat merupakan sebuah program pendidikan agama Islam intensif yang dilakukan di lingkungan sekolah. Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman pendidikan agama yang intensif kepada siswa dalam waktu singkat dan di lingkungan sekolah. Program pesantren kilat di sekolah biasanya diadakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pengalaman siswa terhadap ajaran agama Islam. SMKN 3 Semarang tahun ini mengadakan kegiatan pesantren kilat selama 4 hari penuh bertempat di Aula SMKN 3 Semarang, dengan setiap harinya bergiliran masing-masing Program Keahlian. Berikut pembagian jadwal untuk masing-masing Program Keahlian :

  1. Hari Senin, 3 April 2023 | Peserta didik kelas X-XI dari Program Keahlian Teknik Elektronika
  2. Hari Selasa, 4 April 2023 | Peserta didik kelas X-XI dari Program Keahlian Teknik Konstruksi & Perumahan
  3. Hari Rabu, 5 April 2023 | Peserta didik kelas X-XI dari Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan
  4. Hari Kamis, 6 April 2023 | Peserta didk kelas X-Xi dari Program Keahlian Teknik Otomotif

Kegiatan pesantren dibuka oleh masing-masing Ketua Programmed Keahlian kemudian dilanjutkan pembacaan Asmaul Husna, materi 1, selingan rebana, materi 2, sholat dhuha, tadarus, dan terakhir sholat dzuhur. Selama satu hari sampai dengan waktu dzuhur, peserta didik akan diberikan materi 1 bab istighosah dan materi 2 bab toharoh dengan narasumber dari pengampu Mata Pelajaran PAI diantaranya Ibu Rohmana Latif H., S.Pd.I, Bapak Misbakhul Munir, S.Pd.I., dan Bapak Sandi Noor Hamzah, S.Pd.I. Selain itu, dalam waktu yang bersamaan untuk peserta didik yang beragama Nasrani diberikan kegiatan bina Iman bertempat di ruang perpustakaan SMKN 3 Semarang yang dibimbing oleh Ibu F. Ninik S., S.Pd.

Kegiatan berlangsung sangat tertib, lancar, dan khidmat. Semoga dengan adanya kegiatan pesantren kilat, peserta didik lebih disiplin dalam beribadah, memperbaiki akhlak serta memanfaatkan waktu untuk hal yang lebih bermanfaat. Karena ilmu yang didapat tentu tidak hanya berguna saat bulan Ramadan saja, tapi juga dalam keseharian. SMKN 3 Jitu!

Penulis : Humas SMKN 3 Semarang.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.