SMAN 1 Pabelan Ikuti Seleksi Rainas XII Kontingen Kwartir Cabang Semarang

Gerakan Pramuka menyelenggarakan berbagai kegiatan yang terus dikembangkan sesuai dengan perubahan zaman dan kebutuhan peserta didik. Mereka yang menjadi peserta gerakan pramuka merupakan generasi penerus bangsa yang turut disiapkan untuk menyambut masa keemasan tanah air, Indonesia Emas Tahun 2045. Kegiatan kepramukaan yang selalu berkaitan dengan nilai-nilai pengembangan peserta didik tersebut mulai dari kegiatan kursus, perkemahan, kompetisi, persidangan/musyawarah, mulai dari tingkat ranting hingga nasional. Salah satu kegiatan yang menjadi sarana dalam pengembangan diri yang spesifik dan  konkret adalah kegiatan Raimuna.

Raimuna merupakan pertemuan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Kata Raimuna merupakan Bahasa Ambai dari daerah Yapen Waropen, Papua. Rai yang berarti sekumpulan orang dengan tujuan tertentu dan Muna yang berarti kekuatan bernilai baik dalam mencapai kesuksesan, menjadi pegangan kuat dalam setiap penyelenggaraan Raimuna di segala tingkatan untuk dapat menjadi wadah yang tepat dalam segi pengembangan diri, peningkatan kualitas, dan pendorong kemajuan generasi muda. Di tingkat nasional, Raimuna Nasional (Rainas) menjadi ajang bagi para anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk mengembangkan pengetahuan dan memperluas wawasan dengan segala sarana dan kesempatan yang didapatkan, juga pengalaman yang bernilai untuk pengembangan diri peserta sehingga memiliki bekal yang kuat untuk mencapai kesuksesan.

Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting (kecamatan) hingga tingkat nasional. Kegiatan Raimuna ini dilaksanakan 5 tahun sekali. Pada tahun ini adalah Raimuna ke-12, dilaksanakan tanggal 14 sampai 21 Agustus 2023 di Cibubur. Peserta kegiatan Raimuna kurang lebih berjumlah 20.000 peserta. Sabtu, 8 April 2023, 6 perwakilan anggota Pramuka SMAN 1 Pabelan melaksanakan kegiatan seleksi perkemahan Raimuna. Seleksi tingkat cabang Kabupaten Semarang ini akan diambil sebanyak 32 peserta. Mereka akan berangkat ke Cibubur. Satu hal yang membanggakan dan patut disyukuri yaitu 3 anak dari Gugus SMAN 1 Pabelan berhasil lolos seleksi dan 2 anak masuk di peserta cadangan. Mereka yang terpilih lolos, antara lain Fauzan Nafian XII IPA 3, Septian Aditya Murdianto XII IPA 1 dan Dhika Mukti Fidyatama X 2. Sedangkan  peserta sebagai cadangan yakni Marifa Ardila Rizky XI IPS 1 dan Aldo Rosy Fatkhulniam XI IPA 2.

Tujuan kegiatan Raimuna sebagaimana tertulis pada panduan kemah Raimuna, yaitu membina persaudaraan, memperkuat persatuan dan kesatuan, melestarikan kebudayaan, serta meningkatkan kualitas generasi muda dalam kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tingkat nasional sebagai bekal untuk mencapai standar kecakapan di masa depan. Keikutsertaan peserta didik SMA N 1 Pabelan dalam kegiatan Raimuna diharapkan dapat memacu semangat peserta didik yang lain untuk aktif dalam berkegiatan pramuka. Ke depan, upaya pembentukan karakter melalui gerakan pramuka bisa lebih intensif, semakin diminati dan akhirnya mampu memperoleh hasil yang lebih optimal.

 

Penulis             : Winarti, S.Pd., Guru SMAN 1 Pabelan

Editor  1          : Dyah Ratnaningrum, S.Pd., Kepala SMAN 1 Pabelan

Editor 2           : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang