Gempita Gebyar Ramadan SMAN 1 Tuntang

Gebyar Ramadan SMA Negeri 1 Tuntang diselenggarakan dari tanggal 14 April hingga 18 April 2023. Selama kurang lebih satu minggu seluruh warga SMA Negeri 1 Tuntang ikut memeriahkan Bulan Ramadan. Agenda diawali dari pelaksanaan tadarus bersama bapak dan ibu guru hingga melakukan khataman. Setiap guru mendapatkan bagian untuk menyelesaikan bacaan Al Quran. Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga sekitar, maka seluruh warga sekolah meliputi Guru, Karyawan dan siswa melaksanakan sodaqoh/infaq berbentuk beras terkumpul sebanyak 530 kilogram. Beras kemudian dibagikan kepada warga sekitar sekolah dan siswa yang berhak menerima. Melalui OSIS dan ROHIS SMA Negeri 1 Tuntang juga menyerahkan infaq sodaqoh ke Panti Asuhan Aisyiyah Putri Kecamatan Tuntang.

Selain dua agenda tersebut, OSIS dan juga ROHIS mengadakan Festival Ramadan. “Ramafest atau Ramadan Festival ini merupakan kegiatan yang disusun dalam memeriahkan bulan Ramadan sekaligus memberikan ruang untuk siswa berkreasi mulai dari lomba Adzan, Da’i hingga membuat Kaligrafi,” tutur Agus Setiyono, S.Pd., M.Pd.B.I. Kepala SMA Negeri 1 Tuntang. Pembagian takjil menjadi agenda Gebyar Ramadan selanjutnya. Siswa-siswi SMA Negeri 1 Tuntang didampingi dengan bapak dan ibu guru membagikan takjil gratis bagi para warga dan pengendara sekitar. Siswa-siswi membagikan ratusan paket takjil dan terbagi di tiga titik di sekitar Tuntang dan Salatiga.

Gebyar Ramadan SMA Negeri 1 Tuntang ditutup dengan acara peringatan Nuzulul Quran. Acara ini dihadiri seluruh warga SMA Negeri 1 Tuntang dan tamu undangan. Pengajian ini dilaksanakan pada 18 April 2023 dengan menghadirkan Ust. Rachmad Saatul Hidayat, S.Pd., M.Pd.I. “Al Quran adalah pedoman kita dalam menghadapi pengikisan busana, bahasa dan budaya. Jika kita punya pedoman, maka kita tidak dengan mudah terbawa dalam arus globalisasi sekarang,” ungkap Rachmad Saatul Hidayat, S.Pd., M.Pd.I. Sementara itu bagi siswa-siswi yang beragama Nasrani melaksanakan peringatan Paskah dengan mengunjungi Panti Asuhan Bhakti Luhur Salatiga. Siswa dan guru melaksanakan bakti sosial dan doa bersama di tempat tersebut.

 

Penulis : Humas SMAN 1 Tuntang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang