SMKN 10 Semarang Kawal Siswa Hadapi UTBK

Sebanyak 40 siswa kelas XII SMKN 10 Semarang hari ini Kamis, 27 April 2023, mendengarkan dengan seksama penjelasan dari Panitia Kawal Kuliah terkait persiapan UTBK. Pengarahan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB. 

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) merupakan ujian seleksi yang digunakan untuk memilih calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri di Indonesia. Ujian ini akan dilaksanakan pada 8-25 Mei 2023.

Dalam pertemuan yang diadakan di ruang Baita Adiguna SMKN 10 Semarang, Panitia Kawal Kuliah memberikan penjelasan terperinci mengenai persiapan UTBK, termasuk strategi belajar yang efektif dan taktik menghadapi soal.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, menyatakan bahwa persiapan UTBK melibatkan guru Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan BK (Bimbingan Konseling) dengan dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan Wakil Kepala Sekolah bidang Manajemen Mutu.

“Persiapan UTBK di SMKN 10 Semarang dilakukan secara terpadu dan melibatkan berbagai mata pelajaran, mulai dari Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan BK. Hal ini dilakukan untuk memastikan siswa siap menghadapi segala tipe soal pada UTBK,” ujar Bapak Ardan Sirodjuddin.

Lebih lanjut, Bapak Ardan juga menekankan pentingnya peran guru dalam mempersiapkan siswa menghadapi UTBK. Guru-guru di SMKN 10 Semarang akan memfasilitasi siswa dalam belajar dan menguasai materi, serta memberikan bimbingan dan motivasi agar siswa dapat meraih hasil terbaik pada UTBK.

Selain itu, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan Wakil Kepala Sekolah bidang Manajemen Mutu juga turut terlibat dalam persiapan UTBK. Keduanya akan memastikan seluruh aspek persiapan UTBK di SMKN 10 Semarang berjalan dengan lancar dan efektif.

“Saya sangat berterima kasih kepada guru-guru dan Wakil Kepala Sekolah yang telah berjuang keras dalam mempersiapkan siswa kelas XII SMKN 10 Semarang menghadapi UTBK. Saya yakin, dengan kerja keras dan semangat pantang menyerah, siswa kita akan meraih hasil terbaik pada ujian seleksi tersebut,” ujar Bapak Ardan.

Deo Aprilia Maharani, siswa kelas XII KKB SMKN 10 Semarang menyambut baik penjelasan dari Panitia Kawal Kuliah dan menyatakan akan berusaha keras untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya menghadapi UTBK.

“Kami sangat berterima kasih kepada Panitia Kawal Kuliah atas penjelasan yang sangat bermanfaat ini. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan diri dan meraih hasil terbaik pada UTBK nanti,” ujar Deo Aprilia Maharani.

Dengan persiapan yang matang dan penuh tekad, diharapkan para siswa kelas XII SMKN 10 Semarang dapat meraih hasil yang memuaskan pada UTBK dan meraih kesuksesan dalam mengejar cita-cita mereka di masa depan.

Penulis : Arimurti Asmoro, Wakil Kepala Sekolah Bidang Manajemen Mutu SMKN 10 Semarang