Halal Bi Halal SMA N 5 Semarang

Libur lebaran telah selesai. Rabu, 26 April 2023 SMA N 5 Semarang mengadakan apel yang diikuti oleh guru, TU, dan siswa. Keceriaan bertemu kembali setelah merayakan Idulfitri tampak di raut wajah seluruh warga sekolah. Apel pascalebaran berlangsung tertib dan khidmat.

“Kita telah berpuasa dan merayakan Idulfitri, hendaknya kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kita harus menjaga sikap dan tutur kata kita agar tidak melukai perasaan orang lain. Selain itu, momentum lebaran ini harus kita maknai sebagai waktu yang tepat untuk meningkatkan silaturahmi dan solidaritas seluruh warga sekolah.” Ujar Kepala SMA N 5 Semarang, Soleh S.Pd., M.Pd., saat memberikan sambutan dalam apel.

Setelah apel seluruh warga sekolah bersalam-salaman untuk saling memaafkan. Suasana kekeluargaan yang hangat terasa di acara Halal Bi Halal ini. Dalam acara ini Kepala SMA N 5 Semarang dan seluruh guru serta karyawan bersalaman dengan seluruh siswa SMA N 5 Semarang. Senyum terpancar dari wajah seluruh warga sekolah.
“Halal Bi Halal tidak hanya sekadar mengucapkan maaf di mulut, tetapi harus benar-benar dari hati. Selanjutnya, sikap kita juga harus lebih baik agar tidak ada kesalahan lagi yang kita perbuat. Selain itu, dengan bersalaman dengan Bapak/Ibu guru, kita juga belajar bahwa sebagai generasi muda kita harus menghormati guru kita yang telah memberikan ilmu serta teladan. Tentunya saat proses pembelajaran kita sebagai murid sering bersikap atau berkata yang melukai perasaan guru kita. Di momen ini kita berkesempatan untuk meminta maaf kepada guru-guru.” Kata Wahyu Cahyaningtyas siswa kelas XI MIPA 6.

Pak Soleh S.Pd., M.Pd., berharap agar seluruh civitas akademik SMA 5 lebih bersemangat usai berlibur dan berkumpul dengan keluarga. “Harus ada semangat baru agar pelayanan kepada siswa bisa lebih baik lagi. Siswa juga harus lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan mengukir prestasi di SMA N 5 Semarang.”

Penulis : Imaniar Yordan Christy, S.Pd., Guru SMA N 5 Semarang.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.